Kata Hendra Irwan Rahim, Pengurus Koperasi harus Bervisi Ekspor

Minggu, 15 Januari 2017, 12:02 WIB | Olahraga | Kota Padang
Kata Hendra Irwan Rahim, Pengurus Koperasi harus Bervisi Ekspor
Ketua Dekopinwil Sumbar, Hendra Irwan Rahim diwawancarai wartawan, usai membuka Musda Dekopinda Padang, Minggu (15/1/2017) di rumah dinas ketua DPRD Sumbar. (mangindo kayo/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan, koperasi di Sumbar harus disiapkan menghadapi tantangan global.

"Di era globalisasi sekarang ini, pengurus koperasi harus makin kreatif dan inovatif. Ini merupakan tantangan perkoperasian kita dewasa ini di era globalisasi. Dekopinda Padang, harus bisa jadi pelopor sekaligus contoh di Sumbar," ungkap Hendra saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang, Minggu (15/1/2017).

Dikatakan Hendra, untuk menjawab tantangan global ini, kapasitas SDM perkoperasian harus terus ditingkatkan. Hendra merasa, manajer koperasi masih perlu ditingkatkan dari sisi manejerial, kompetensi dan skill lainnya terutama dalam hal pengelolaan keuangan yang sesuai aturan OJK.

"Yang tak boleh itu, pengurus koperasi menggunakan jabatannya untuk kepentingan politik. Mari kita disini berusaha dan berpikir untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat," tegas Hendra yang juga ketua DPRD Sumbar.

Baca juga: Koperasi jadi Pilar Utama Ekonomi Daerah

Dikatakan Hendra, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota itu, Dekopinwil Sumbar telah memfasilitasi terjadinya ekspor tongkol jagung ke Korea Selatan pada 23 Agustus 2016 lalu. Namun, pasokan yang tersedia, masih belum mampu memenuhi permintaan.

"Pihak Korea tak hanya perlu tongkol. Tapi juga batang dan daunnya. Memenuhi ekspor perdana itu, kita susah payah mengumpulkannya di Pasbar. Seharusnya, sentra jagung ini bisa menyebar di daerah kita ini," ungkap Hendra.

"Selain itu, tanaman jagung ini merupakan peluang bagi kita. Terutama, buah jagungnya bisa kita manfaatkan untuk industri peternakan ayam di Sumbar yang tersebar di sejumlah daerah. Apakah itu ayam petelur maupun pedaging," tukas Hendra.

Hendra berharap, pengurus koperasi di Sumbar ini, mulai melirik potensi ekspor ke luar negeri. "Usaha kecil kita ini telah terbukti tahan terhadap tantangan global. Makanya, peningkatan kapasitas SDM pengelola koperasi ini, akan jadi perhatian serius Dekopinwil Sumbar," tukas Hendra.

Baca juga: HARI KOPERASI: Enam Koperasi di Pessel dapat Penghargaan

Untuk Musda Dekopinda Padang sendiri, Hendra menyerahkan sepenuhnya pada peserta. Dia hanya mengingatkan, pilihlah secara demokratis calon ketua yang mampu menjawab tantangan global ini. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024