Komisioner KPU Sumbar Tiga Periode Lolos ke Seleksi Tahap III KPU RI

Jumat, 23 Desember 2016, 01:36 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Komisioner KPU Sumbar Tiga Periode Lolos ke Seleksi Tahap III KPU RI
Ketua Timsel KPU dan Bawaslu RI, Saldi Isra bersama anggota, Kamis (22/12/2016) mengumumkan nama-nama yang lolos untuk kemudian menjalani ujian tahap III. Salah satunya dari Sumbar, HM Mufti Syarfie. (humas)

VALORAnews - Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU-Bawaslu meloloskan 58 dari 517 orang pada tes tahapan kedua ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 orang calon anggota komisioner KPU dan 22 calon anggota Bawaslu.

Saat masa pendaftaran, berdasarkan catatan media ini, sedikitnya terdapat 20 urang awak yang memasukan aplikasi. Dari semua itu, komisioner KPU Sumbar tiga periode, HM Mufti Syarfie, yang berhasil lolos ke seleksi tahap III. (Baca: Inilah 20 Urang Awak yang Mencalon di KPU dan Bawaslu RI)

Ketua Timsel, Saldi Isra mengatakan, secara kualitas, para calon ini memang di atas harapan Timsel. Sebab, meloloskan 58 orang ini, kata dia, merupakan hal yang sulit. Sebab, banyak calon yang memiliki kemampuan seimbang.

"Penilaian ini diambil dari beberapa komponen. Misal dari tes tulis, melihat dari segi penalaran mereka dalam studi kasus dan esainya. Belum lagi tes kesehatan serta hasil tes psikologi," kata Saldi di Kantor Kemendagri, Kamis (22/12/2016).

Baca juga: Rp1,527 miliar Dana Baznas Padang Disalurkan dalam Bentuk Beasiswa ke 2.397 Siswa

Pertimbangan kualitas juga yang membuat jumlah calon yang diloloskan timsel lebih besar dari target sebelumnya yakni 28 calon komisioner KPU dan 20 calon anggota Bawaslu. Dari 58 orang tersebut, 35 persen di antaranya perempuan.

"Jadi 35 persen dari 58 orang ini adalah perempuan. Di antaranya, 11 calon KPU dan 9 calon Bawaslu," tambah Saldi. (Daftar namanya lihat di sini)

Setelah ini, para calon ini akan mengikuti tes tahap ketiga. Sejumlah tes di antaranya tes kesehatan lanjutan dan dinamika kelompok. Masukan publik di tahapan itu juga akan dilibatkan. Rekam jejak 58 orang ini segera ditelusuri.

Timsel KPU Bawaslu juga akan meminta bantuan sejumlah lembaga seperti KPK, PPATK dan BIN untuk mencari tahu latar belakang para calon. Misal, PPATK terkait transaksi keuangannya dan BIN soal informasi mereka di daerahnya.

Baca juga: 169 Mustahik Terima Bantuan dari Program Kemanusiaan Baznas Padang

"Permohonan ini sedang kita siapkan. Kalau bukan besok atau lusa, kami akan kirimkan nama-nama ini ke lembaga tersebut," tutup dia. (rls/kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: