Batang Siat Meluap

Selasa, 15 November 2016, 10:45 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Batang Siat Meluap
Pemukiman warga yang terendam akibat meluapnya Batang Siat, Senin (14/11/2016) yang membelah sejumlah nagari mulai dari Koto Besar, Koto Baru dan Koto Salak. (humas)

VALORAnews - Batang siat yang membelah Kabupaten Dharmasraya, mulai dari Koto Besar, Koto Baru dan Koto Salak mendadak meluap, Senin (14/11/2016). Penyebabnya, tingginya curah hujan di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Batang Siat.

Akibat meluapnya sungai terbesar kedua di Dharmasraya itu, sejumlah jalan dan dataran rendah di Nagari Bonjol, Kecamatan Koto Besar, tergenang air bahkan tidak sedikit rumah yang tergenang air setinggi sampai 30 cm.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebut, sudah menerima laporan bencana banjir tersebut dari Kepala BPBD, Suwandi. Kepada Suwandi, dia memberi petunjuk, agar BPBD berkordinasi dengan tim lain untuk menyiagakan petugas. Jika sewaktu-waktu banjir, tim sudah siap dan sudah berada di lokasi.

"Tolong dikordinasikan tim Tagana, tim SAR, tim dari TNI dan Polri dan tim dari Pol PP kita," kata bupati termuda di Indonesia yang berasal dari PDI-P ini.

Baca juga: Unik! Pengantin Pria Dipakaikan Suntiang Minang, Hanya Ada di Kabupaten Ini, Ternyata Begini Sejarahnya

Sementara, Suwandi mengaku, sudah mengerahkan anggota dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Malah dua unit perahu karet milik BPBD, sudah dibawa ke lapangan. Namun, Suwandi menyebut, dalam beberapa jam terakhir, air Batang Siat sudah mulai turun.

"Belum ada warga yang butuh pertolongan kita. Mudah mudahan banjirnya juga batal," kata pria yang karib disapa Uwo ini. Katanya, sebagian personil BPBD sudah ditarik dan disiagakan di kantor. Jika sesuatu kembali terjadi, maka akan kembali dikerahkan untuk menolong masyarakat. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: