Ornamen Mirip Simbol Yahudi di Masjid Raya Sumbar Bikin Heboh

Sabtu, 30 Mei 2015, 20:30 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ornamen Mirip Simbol Yahudi di Masjid Raya Sumbar Bikin Heboh
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menerima penjelasan dari Syamsul Bahri Khatib (ketua MUI Sumbar) dan Sayuti Dt Rajo Pangulu (ketua LKAAM Sumbar) serta unsur Forkompinda, usai tabligh akbar di masjid itu, Jumat (29/5/2015). (istimewa)

VALORAnews -- Pola menyerupai bintang segi enam di salah satu ornamen Masjid Raya Sumbar, menjadi perdebatan hingga menyebar secara viral di media sosial. Penyebabnya, bintang segi enam ini diidentikan dengan simbol-simbol bangsa Yahudi.

Akun facebook Irwan Prayitno pun, melansir klarifikasi yang disampaikan Ketua MUI Sumbar, Syamsul Bahri Khatib dan Sayuti Dt Rajo Pangulu (ketua LKAAM Sumbar). Irwan Prayinto di akun media sosialnya itu menyatakan, ornamen di Masjid Raya Sumbar itu telah dibahas dan dibicarakan sejak 2009 lalu.

"Pembahasan itu dilakukan saat sayembara disain masjid dan menentukan disain masjid," ungkap Irwan Prayitno di laman media sosialnya, Jumat (29/5/2015). Penjelasan itu disampaikan seusai Tabligh Akbar "Membangun Ekonomi Umat Bersama Koperasi" di Masjid Raya Sumbar.

Pernyataan Irwan disertai penjelasan Syamsul Bahri Khatib dan Sayuti Dt Rajo Pangulu itu, telah dishare oleh 14 orang melalui facebook. Sejumlah komentar pun melampiri pernyataan ini. (Baca: Inilah Penjelasan tentang Bintang Segi Enam Masjid Raya Sumbar)

Baca juga: Gubernur Wacanakan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi jadi Nama Masjid Raya Sumbar, Ini Kata Ketua LKAAM

Salah satu akun di dinding facebook Yohanes Wempi, ketua DPD PKS Padangpariaman, bahkan menjelaskan, bahwa bintang persegi enam itu bukan lah Bintang Daud melainkan gambar pada perisai Daud (Daud adalah Raja Israel ke-2). (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: