Irfendi Harapkan Ikaboga Dorong Kuliner Tradisional

Minggu, 23 Oktober 2016, 16:41 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Harapkan Ikaboga Dorong Kuliner Tradisional
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Pembina GOW Kabupaten Limapuluh Kota, Ny Monalisa Irfendi Arbi dan Pembina GOW Payakumbuh, Ny Suwandel Mukhtar dan Sekretaris BPP KB Yenni Elvi, berfoto bersama para pengurus Ikaboga Payakumbuh dan Limapuluh Kota. (hum
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) diharapkan tampil jadi mitra pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu caranya, mendorong dan memajukan kuliner tradisional, agar lebih dikenal hingga ke luar daerah, nasional bahkan diharapkan populer hingga ke luar negeri.

Hal itu dikatakan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, dalam arahannya ketika membuka secara resmi pertemuan triwulan Ikaboga se-Sumatera Barat di rumah dinas bupati, Sabtu (22/10/2016).

"Daerah kita memiliki banyak makanan tradisional yang unik seperti randang bilih, minuman kawa, teh gambir dan lainnya. Kita berharap, Ikaboga menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang boga dan jasa boga," ungkap Irfendi.

Menurut Irfendi, beragam potensi kuliner itu jika dikelola dengan baik, dipastikan akan memiliki nilai tambah dan diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat. Selain melestarikan dan meningkatkan kualitasnya, berbagai kuliner spesifik di Luak Limopuluah ini, hendaknya juga dipatenkan agar tidak diklaim oleh negara lain seperti yang dialami berbagai produk dan kesenian lain.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Agar berbagai kuliner tradisional itu berdaya saing, tentunya kita butuh pelatihan dan bimbingan dari ahlinya seperti Ikaboga," ujar Irfendi.

Turut hadir dalam acara itu Pembina Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Limapuluh Kota Ny Monalisa Irfendi Arbi, Pembina GOW Kota Payakumbuh Ny Suwandel Mukhtar, Sekretaris BPP-KB Kabupaten Limapuluh Kota Yenni Elvi dan para pengurus Ikaboga Sumatera Barat serta pengurus Ikaboga Limapuluh Kota dan Payakumbuh. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: