Gerakan Pramuka Tanpa Rokok Digulirkan di Jamnas X

Sabtu, 20 Agustus 2016, 20:24 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Gerakan Pramuka Tanpa Rokok Digulirkan di Jamnas X
Spanduk Pramuka Keren Tanpa Rokok, terpajang di sejumlah sudut bumi perkemahan pramuka Cibubur yang jadi lokasi Jamnas Pramuka X 2016. (humas)

VALORAnews - Jambore Nasional X 2016 yang malam ini akan ditutup, tidak hanya mengajarkan kepada peserta untuk disiplin, kreatif, toleransi dan cinta alam, tapi juga mengajarkan untuk selalu membiasakan gaya hidup sehat dengan tidak merokok.

Kampanye untuk tidak merokok menjadi komitmen Gerakan Pramuka untuk disampaikan kepada seluruh anggotanya. Kampanye ini tertulis dalam spanduk kecil di area perkemahan Jamnas yakni "Pramuka Keren Tanpa Rokok."

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Kodrat Pramudho mengatakan, kampanye anti rokok dimaksudkan agar anggota pramuka punya perilaku hidup sehat. Rokok dinilai sebagai musuh bangsa.

"Rokok ini musuh bangsa, semua tahu bahaya rokok bagi kesehatan itu luar biasa. Rokok membunuhmu," kata Kak Kodrat, Sabtu (20/8/2016).

Baca juga: 27.764 Batang Rokok Ilegal Disita Bea Cukai dari Toko Kelontong dan Pengedar di Kampar dan Pekanbaru

Kampanye ini diharapakan bisa menumbuhkan kesadaran bagi adik-adik untuk tidak sekali-kali mencoba menghisap rokok. "Kampanye ini akan terus kita masifikan disetiap kegiatan pramuka. Kita juga menghimbau kepada pramuka di daerah untuk melakukan hal yang sama," tuturnya.

Kak Kodrat sangat mendukung wacana pemerintah menaikkan harga rokok yang rencananya akan naik hingga Rp 50.000 per bungkus. Menurutnya, wacana tersebut sekaligus dapat mengurangi kebiasaan masyarakat agar tidak lagi merokok.

"Bagus kita dukung," jelasnya tegas.

Di samping itu, lanjutnya, pendapatan negara juga otomatis akan bertambah jika harga rokok dinaikkan. Kenaikan harga rokok juga akan membantu anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) pada masa mendatang.

Baca juga: 1000 Peserta Ikuti Jamnas Pramuka Anak di Bukittinggi, Ini Kata Erman Safar

Sebelumnya dalam pidato HUT Kemerdekaan RI di hadapan 25 ribu Pramuka peserta Jambore Nasional, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengancam siapapun yang kedapatan merokok di Bumi Perkemahan akan diusir.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: