Musim Hujan Mulai Datang, Waspadai Bencana Longsor

Jumat, 22 Juli 2016, 00:25 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Musim Hujan Mulai Datang, Waspadai Bencana Longsor
Hujan lebat disertai angin kencang di Kota Lubukbasung, Kamis (21/7/2016) malam, mengakibatkan pohon tumbang di daerah Banda Baru, Lubukbasung. Gerak cepat tim BPBD Agam, membuat pohon yang menghalangi jalan bisa segera diatasi. (humas bpbd agam)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) cukup tinggi. Sedangkan pergerakan tanah di Sumbar juga tinggi. Sehingga, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan akan bencana longsor.

"Secara umum daerah Agam, Solok dan Pasaman memiliki pergerakan tanah yang cukup tinggi. Pada musim hujan, masyarakat harus waspada longsor," sebut Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno, Kamis (21/7/2016).

Ia menyebutkan, kombinasi pergerakan tanah yang tinggi dan curah hujan di atas normal memang sangat berbahaya. Jika pergerakan tanah cukup tinggi, tetapi curah hujan rendah, bisa dikategorikan cukup aman. Demikian pula kondisinya jika curah hujan tinggi namun pergerakan tanah rendah.

Dalam waktu dekat, menurut Zulfiatno, pihaknya akan memetakan ulang pergerakan tanah di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar serta membandingkannya dengan perkiraan cuaca BMKG. Berdasarkan dua hal itu, bisa diprediksi daerah mana saja yang rawan bencana longsor.

Baca juga: PASCA BENCANA: Bupati Pessel Kunjungi Kampung Langgai Sutera

"Nanti untuk mengingatkan masyarakat, Gubernur Irwan Prayitno akan mengeluarkan surat edaran waspada bencana longsor ini," ucapnya.

Sementara, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang, Budi Samiaji mengatakan, sejumlah wilayah di Sumbar memiliki potensi curah hujan yang tinggi. Seperti prakiraan cuaca untuk 21-22 Juli 2016. Di mana, secara umum cuaca Sumbar berawan pada pagi-sore, potensi hujan ringan-lebat pada pagi-malam hari.

Dijelaskannya, pagi-siang hari cuaca cerah berawan. Potensi hujan sangat ringan (gerimis) di sebagian kecil Padangpariaman, potensi hujan ringan-sedang di sebagian Siberut, Pagai Selatan. Sedangkan siang hingga sore hari cerah berawan.

"Potensi hujan ringan-sedang di sebagian Padang, sebagian Padangpariaman, sebagian Pesisir Selatan, Agam Tiku, Pasaman Barat, sebagian Tanah Datar, Solok, Padangpanjang, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Sawahlunto, Sijunjung, Pasaman, sebagian Agam, sebagian Bukitinggi, Solok Selatan, dan sebagian Solok," sebutnya.

Baca juga: BANTUAN BENCANA, Firdaus: Sanksi Tegas Bagi Siapa yang Bermain Beras Bantuan

Sedangkan katanya, potensi hujan ringan di Padang, Padangpariaman dan Kota Pariaman. Kemudian, potensi hujan lebat bisa disertai petir di Lima Puluh Kota (perbatasan dengan Riau), dan sebagian kecil Pasaman (bagian timur). (dal)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: