Pasaman Telah 4 Kali Diguncang Gempa, Gunung Talamau Perlu Diwaspadai

Selasa, 12 Juli 2016, 13:15 WIB | Wisata | Kab. Pasaman

VALORAnews - Gempa berkekuatan 3,5 skala richter (SR) mengguncang di 24 km Tenggara Pasaman, Sumbar, Selasa (12/7/2016), pukul 09.13 WIB. Gempa ini merupakan yang keempat kalinya mengguncang di sekitar kawasan Gunung Talamau itu.

Data yang dilansir BMKG Padangpanjang, lokasi gempa 3,5 SR ini berada pada koordinat 0.04 Lintang Utara dan 100.30 Bujur Timur pada kedalaman 10 km.

"Kita akan terus monitor gempa-gempa susulan di Pasaman setelah sehari sebelumnya dihoyak gempa ber-maagnitudo 5.4 SR," ungkap Koordinator BMKG se-Sumbar, Rahmat Triyono, beberapa saat lalu.

Menurut Rahmat, dirinya belum bisa memastikan, apakah 4 kali gempa di Pasaman yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, adalah merupakan gempa pendahuluan.

Baca juga: 72 KK Korban Gempa Kategori Rusak Sedang Nagari Timbo Abu Terima Bantuan

"Semoga gempa 5,4 SR kemarin itu gempa utamanya dan gempa-gempa setelahnya adalah gempa susulan. Dari catatan kita, gempa di Pasaman kekuatan semakin menurun yakni 5.4 SR, 4.3 SR, 3.4 SR dan terakhir 3.5 SR," terang Rahmat.

Dikatakan, gempa dengan magnitudo 5,4 SR kemarin, juga mengakibatkan guncangan pada skala 4. MMI di Gunung Talamau. "Kewaspadaan terhadap ancaman gempa bumi tetap perlu ditingkatkan, bukan hanya karena terjadi 4x gempa darat di Pasaman, tapi wilayah Sumatera Barat memang dikepung ancaman sumber-sumber gempabumi baik dari laut (Subduksi dan sesar Mentawai) maupun dari darat (sesar Sumatera)," terangnya.

"Perlu mendapat perhatian juga, karena gempa-gempa darat di Pasaman itu sangat dekat dengan Gunung Talimau. Kemungkinan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik terhadap gunung tersebut juga sangat mungkin terjadi," tambahnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: