Seri Diskusi #4 Temu Alumni dan Kongres V IKA Unand: Atasi Kemacetan Akut di Pasar Koto Baru, Hediyanto: Kita Setuju Flyover Dibangun

Minggu, 26 Juni 2016, 10:39 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Seri Diskusi #4 Temu Alumni dan Kongres V IKA Unand: Atasi Kemacetan Akut di Pasar Koto...
Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi, foto bersama dengan pengurus IKA Unand dan panitia Temu Alumni dan Kongres V IKA Unand, usai jadi pembicara pada seri diskusi, Jumat (24/6/2016) di Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ruas jalan negara di depan Pasar Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, akan dilengkapi Flyover. Jalan layang ini, diharapkan bisa mengatasi kemacetan akut yang kerap terjadi di setiap hari pasar.

"Kita setuju saja flyover dibangun di Pasar Kotobaru, dalam mengatasi kemacetan di ruas jalan yang sempit dan tak memungkinkan lagi untuk diperlebar itu," ungkap Dirjen Bina Marga Kementrian PU-PR, Hediyanto W Husaini pada seri diskusi jelang Temu Alumni dan Kongres V IKA Unand, Jumat (24/6/2016) di Padang.

Selain Hediyanto, juga hadir dalam diskusi yang dipandu Dosen Fakultas Teknik Unand, Insanul Kamil itu, Irdinansyah Tarmizi (Bupati Tanahdatar), Suprapto (Kadis Prasjal dan Tarkim), Kombes Pol Eddy Djunaidy (Dirlantas Polda Sumbar), Yossyafra (Pengamat Transportasi Publik) dan Jonnedi (Sekda Padangpariaman).

Sementara, acara yang mengambil tema Berwisata Lebaran Minim Kemacetan ini, juga mengundang Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Amran (Kadishub dan Kominfo Sumbar). Namun, keduanya tak datang menghadiri acara yang membahas secara komprehensif dan solutif, demi mengurai kemacetan yang kerap terjadi selama libur lebaran di Sumbar. Seperti, ruas jalan Padang menuju Bukittinggi yang kerap macet di daerah Padangpariaman, Padangpanjang dan Tanahdatar.

Baca juga: Kejadian Berulang Setiap Mudik Lebaran: Taslim Nilai Gubernur Tak Urus Titik Macet di Sumbar

Sementara, Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi melihat, keberadaan fly over di Pasar Koto Baru itu memang mendesak untuk dibangun. "Bila flyover dibangun di sini, setidaknya bisa meminimalisir kemacetan di kawasan tersebut," ujar dia.

Saat ini, terangnya, mengatasi kemacetan setiap hari pasar (setiap hari Senin-red), sejumlah langkah telah dilakukan Pemkab. Seperti, mengatur sistem kendaraan yang melakukan bongkar muat. Kemudian, memindahkan lokasi parkir truk dan kendaraan lainnya yang beraktivitas di pasar.

"Lokasi parkir itu berada di sebuah tanah lapang yang telah dibebaskan Pemprov Sumbar. Setidaknya, pemindahan parkir kendaraan ini, telah sedikit membantu kemacetan di kawasan itu," terang Irdinansyah yang juga politisi Partai Golkar. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: