Pameran di AITIS 2106, Irfendi; Potensi Liko Butuh Sentuhan Investor

Senin, 09 Mei 2016, 03:28 WIB | News | Kab. Lima Puluh Kota
Pameran di AITIS 2106, Irfendi; Potensi Liko Butuh Sentuhan Investor
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mendampingi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo meninjau acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Internasional Trade And Invesment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta Internasional Expo, baru-baru ini.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota (Liko), Irfendi Arbi menjawab sejumlah wartawan nasional ketika mendampingi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, saat meninjau acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Internasional Trade And Invesment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta Internasional Expo, baru-baru ini.

"Limapuluh Kota memiliki objek wisata Lembah Harau dengan tebingnya yang fenomenal dan sulit dicari duanya di dunia. Selain itu juga ada flyover Kelok Sambilan yang disebut-sebut tertinggi di Indonesia bahkan mungkin juga di Asia Tenggara, serta lokasi peternakan sapi BPTU Padang Mengatas yang belakangan dikenal sebagai New Zeland-nya Indonesia," ujar Irfendi sembari terus mendampingi Mendagri mengitari sejumlah stand pameran.

Setiap kali musim liburan, bisa dipastikan kunjungan wisatawan akan membludak. Sayangnya, para pelancongnya hanya sekadar singgah menikmati pemandangan alam. Usai itu, pergi lagi karena daerah ini belum memiliki penginapan yang representatif.

"Untuk penginapan ini, kita juga butuh investor yang mau membangun hotel berbintang," kata Irfendi.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Tak kalah menariknya, lanjut Irfendi, Limapuluh Kota juga mempunyai potensi pertambangan seperti emas. Bahkan pada zaman Belanda, di daerah ini telah dibangun lapangan terbang dan rel kereta api yang diduga, ada hubungan kuat dengan tambang emas Manggani di Kecamatan Gunuang Omeh.

Sedangkan di bidang pertanian, daerah ini juga dikenal sebagai penghasil gambir terbesar di dunia. Hanya saja produk itu baru dijual dalam bentuk mentah dan belum tersentuh teknologi pengolahan yang bisa meningkatkan pendapatan petaninya.

"Buat mengolah potensi gambir ini, kami juga mengharapkan pemodal," ujar Irfendi.

Terkait dengan berbagai potensi itu, Irfendi berharap, kegiatan AITIS benar-benar jadi ajang promosi terutama untuk berbagai potensi yang belum tergarap secara optimal.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Kita ingin pada kegiatan AITIS tahun ini bisa menemukan investor yang betul-betul serius untuk membangun berbagai potensi tersebut. Karenanya, dalam pameran itu kita harus bisa mempromosikan seluruh potensi daerah tersebut. Kita akan menjamin untuk memberi kemudahan bagi investor," ujar Irfendi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: