Pelebaran Jalan Sudirman Diharapkan Tuntas Sebelum Lebaran

Jumat, 08 Mei 2015, 20:14 WIB | News | Kota Payakumbuh
Pelebaran Jalan Sudirman Diharapkan Tuntas Sebelum Lebaran
Sejumlah pekerja tengah melakukan pekerjaan pelebaran jalan di ruas Jl Sudirman, Payakumbuh, Jumat (8/5/2015). Pelebaran jalan hingga sepanjang 2 meter di sisi kiri dan kanan badan jalan ini, diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas. (Humas Pemko Pay

VALORAnews -- Pemko Payakumbuh menargetkan pelebaran Jalan Sudirman di Kecamatan Payakumbuh Utara, tuntas di 2015 ini. Pada 2014 lalu, pelebaran jalan protokol itu baru mencapai 0,9 Km dari Simpang Kaning Bukik sampai ke Kelurahan Muaro.

"Tahun 2015 ini, lanjutan pelebaran jalan tersebut dari Muaro sampai ke Simpang Benteng di Kelurahan Koto Baru Balai Janggo," ungkap Kepala Dinas PU Payakumbuh, Marta Minanda, didampingi H Zul Arman (Kabid Bina Marga) di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, tadi siang.

Nilai kontrak lanjutan pelebaran kedua jalur Jalan Sudirman sepanjang lebih kurang 3 Km, ungkapnya, sebesar Rp7,535 miliar. Dikerjakan rekanan pelaksana PT Farota Payakumbuh. Sementara, nilai kontrak pelebaran jalan yang sama pada tahun lalu Rp3,889 miliar.

Pelebaran Jalan Sudirman pada kedua sisi bervariasi, antara 1,5 sampai 2 meter. Sehingga lebar badan jalan pada kedua jalur menjadi 7,5 sampai 8 meter, dari kondisi sebelumnya rata-rata 6 meter. Pada kedua jalur jalan, juga dibangun trotoar dengan permukaan keramik dan di bawah trotoar dilengkapi dengan saluran drainase.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

"Ganti kerugian tanah sesuai dengan harga yang wajar, sudah dilakukan pemko dua tahun anggaran yaitu pada 2013 dan 2014," tambah Zul Arman.

Harapan warga setempat, pelebaran jalan ini bisa tuntas sebelum lebaran mendatang. "Sehingga, perantau yang pulang kampung, tidak mengalami kemacetan ketika melewati jalan tersebut," ucap Iswandi, warga Kelurahan Balai Gadang, Payakumbuh Utara. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: