500 Warga Kapur IX Tanam Padi di Lahan Sawah Baru

Selasa, 08 Maret 2016, 07:36 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
500 Warga Kapur IX Tanam Padi di Lahan Sawah Baru
Pendampingan tanam perdana sawah cetak baru oleh Kodim 0306/50 Kota di Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota (istimewa)

VALORAnews--- Tidak kurang dari 500 orang masyarakat Limapuluh Kota hair dalam kegiatan penanaman padi yang digagas Komando Distrik Militer 0306/50 Kota. Penanaman secara simbolis dilakukan pada lahan sawah yang baru dicetak.

Tanam padi perdana ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten 50 Kota, Anggota, Danramil 09/Kapur IX, Camat Kapur IX, kepala SKPD dan masyarakat Kapur IX.

Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro mengatakan,pencetakan sawah baru seluas 19,8 hektare tersebut merupakan kerja sama Kodim 0306/50 Kota dengan Dinas Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota. Pembangunan cetak sawah baru tersebut bersumber dari APBN 2016.

"Selain pendampingan untuk tanaman padi, Kodim 50 Kota juga melakukan pendampingan program tanaman jagung dan kacang kedele yang biasa disebut dengan program pajale. Dengan harapan, melalui pendampingan yang dilakukan dapat mempercepat kedaulatan pangan, baik padi, jagung maupun kacang kedele" ujar Letkol Inf Heri Sumitro

Baca juga: Distan dan Mabes TNI Evaluasi Cetak Sawah di Agam

Kodim, katanya, juga bertugas dalam pengawasan dan pengendalian pupuk bersubsidi, mulai dari distributor sampai ke tangan petani. Di samping itu, pembangunan cetak sawah baru seluas 1.00 hektare berada di Kecamatan Peranap, Kecamatan Kelayang dan Kecamatan Rengat. Bahkan seluas 450 hektare juga sudah tuntas, dan sesuai target dapat difungsikan. (rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: