Candi Padang Roco Diusulkan jadi Ikon Dharmasraya

Jumat, 04 Maret 2016, 10:14 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Candi Padang Roco Diusulkan jadi Ikon Dharmasraya
Salah satu situs budaya di Dharmasraya yaitu, Candi Padang Roco (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Meski sering dijuluki sebagai daerah Petrodolar, namun hingga saat ini Dharmasraya masih belum memiliki ikon daerah. Bupati Dharmasraya Sutan Riska menyebut perlu daerah menggali potensi untuk dijadikan sebagai ikon daerah.

"Setidaknya kita mesti punya satu ciri khas yang bisa dikedepankan dalam percaturan regional, nasional bahkan regional. Seperti Bukitinggi punya jam gadang. Kalau belum berkunjung ke jam gadang, berarti belum ke Bukitinggi," sebut Sutan Riska dikutip dari siaran pers Humas Dharmasraya, Jumat (4/3/2016).

Bupati yang didukung koalisi PDI-P, HANURA, PAN dan PKB itu menyebut sejarah dan budaya merupakan salah satu potensi daerah yang layak dijadikan ikon. Dharmasraya, katanya, punya sejarah besar dan punya bukti peninggalan yang akurat, seperti candi, gerabah tempo duku, patung dan masih banyak lagi peninggalan sejarah yang bahkan sudah menjadi cagar budaya masa silam.

Ikon ini tidak dimiliki daerah lain, paling tidak di Sumatera Barat. Kalaupun ada seperti Kabupaten Tanah Datar dan Pasaman, potensinya tidak sebesar Dharmasraya. "Kelak jika sudah dikembangkan, kita bisa menyatakan kalau belum datang ke candi Padang Roco, maka belum ke Dharmasraya," katanya. (lok)

Baca juga: Calon Tunggal Tetap Jalani Pengundian Nomor Urut, Menang Pilkada jika Raih 50 Persen Lebih Suara Sah

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: