60 Ha Dapat Asuransi Rp6 Juta: Kerusakan Lahan Pertanian akibat Banjir Ditanggung Asuransi

Rabu, 17 Februari 2016, 19:51 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
60 Ha Dapat Asuransi Rp6 Juta: Kerusakan Lahan Pertanian akibat Banjir Ditanggung Asuransi
Camat Camat Pangkalan, Andri Yasmen memaparkan kronologis kejadian, korban dan penanganan pada Wagub Sumbar, Nasrul Abit, John Kennedy Azis (Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI) dan rombongan, saat meninjau dampak banjir di Pangkalan, Selasa (16/2/2016).

VALORAnews - Kadis Ketahan Pangan, Effendi menyampaikan, dari 200 Ha lahan sawah di Limapuluh Kota, 60 Ha di antaranya sudah masuk asuransi Jasindo. Sementara, 140 H lain masih belum. Hal itu dikatakan Effendi, pada Wagub Sumbar Nasrul Abit dan rombongan, saat mengunjungi Nagari Gunung Malintang, satu dari tiga lokasi bencana di Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Tanah persawahan petani yang telah diasuransikan akan mendapatkan uang sebesar Rp6 juta per Ha. sementara bagi yang belum pemerintah hanya akan membantu bibit saja," terang Efendi, Selasa (16/2/2016), dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Sumbar.

Effendi berharap, kedepan kesadaran petani untuk mengansuransikan lahan pertanian ke Jasindo akan bertambah terutama dilokasi lokasi rawan bencana.

Sementara, Camat Pangkalan, Andri Yasmen memaparkan kronologis kejadian, korban dan penanganan yang dilakukan hingga hari ini. Sementara, data yang dihimpun khusus untuk Kecamatan Suliki, tercatat kerugian musibah tanah longsor di tiga kenagarian.

Baca juga: PHO Jalan Tol Ruas Bangkinang-Koto Kampar Tuntas, Target: Bisa Dipakai Mudik Lebaran

Ketiga nagari itu, yakni Nagari Koto Tangah, rumah rusak berat (RRB) sebanyak 25 unit, rumah rusak ringan (RRR) sebanyak 18 unit. Kemudian, Nagari Baruah Gunuang, 35 unit RRB dan 20 unit RRR. Selanjutnya, Nagari Sungai Naniang, 30 unit RRB dan 103 unit RRR. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: