Survei Voxpol Pilgub Sumbar 2024, Elektabilitas Mahyeldi-Vasko 70,3 Persen, Epyardi-Ekos 16,8 Persen

Selasa, 22 Oktober 2024, 17:20 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Survei Voxpol Pilgub Sumbar 2024, Elektabilitas Mahyeldi-Vasko 70,3 Persen, Epyardi-Ekos...
CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago saat paparkan hasil survei melalui live streaming youtube di Padang, Selasa. (tangkapan layar)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ia menilai, sampel berhasil menggambarkan kondisi Sumbar secara keseluruhan dari jumlah penduduk, demografi penduduk (jumlah laki-laki dan perempuan) yang seimbang.

Usia dari responden juga tidak jauh berbeda dengan data statistik.

"Hasil survei yang disampaikan, ternyata tidak jauh berbeda dari hasil survei sebelumnya yang kami lakukan terutama dari sisi elektabilitas," katanya.

Menurutnya, berdasarkan data survei, ternyata Vasko cukup memberikan insentif elektoral pada Mahyeldi.

Artinya, ketika hasil survei yang memisahkan calon gubernur dengan wakil gubernur dengan hasil survei ketika digabungkan, angka elektibilitas meningkat.

Sementara, untuk Calon Gubernur Sumbar nomor urut 2 Epyardi Asda-Ekos Albar, sosok Ekos ternyata masih kurang dikenal.

Tingkat popularitas relatif rendah, tingkat penerimaan juga relatif rendah. Elektabilitas tidak memberikan insentif bagi Epyardi Asda.

Survei Voxpol Center Research and Consulting dilakukan antara 7 hingga 16 Oktober 2024, dengan populasi sampel dari 19 kabupaten dan kota.

Jumlah total sampel adalah 800 orang, dengan proporsi 50:50 antara laki-laki dan perempuan. Margin of error survei ini lebih kurang 3,47 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode yang digunakan adalah survei tatap muka dengan aplikasi Android i-Voxpol untuk memastikan data yang terukur dan dilakukan double spotcheck terhadap 20 persen dari total sampel secara acak.

Responden tersebar proporsional di 19 kabupaten dan kota. (*)

Halaman:
1 2 3

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024