Usia Sumbar 79 Tahun sama dengan HUT RI, Ini Penjelasan Ketua DPRD Sumbar di Paripurna Hari Jadi

Sabtu, 05 Oktober 2024, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Usia Sumbar 79 Tahun sama dengan HUT RI, Ini Penjelasan Ketua DPRD Sumbar di Paripurna...
Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Audy Joinaldy (Plt Gubernur Sumbar) saat memimpin rapat paripurna istimew HUT Provinsi Sumbar ke-79, 1 Oktober 2024. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Menurut Irsyad, banyak keberhasilan yang dicapai dalam 10 tahun terakhir, pasca dihantam gempa tahun 2009 dan pandemi Covid 19 tahun di awal 2020.

Kondisi ini dapat dilihat dari IPM Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 sudah mencapai 75.64, berada pada rangking 7 nasional dan 2 pulau Sumaterara.

Tingkat Kemiskinan pada semester I Tahun 2024 hanya sebesar 5.97 %, jauh lebih baik di atas rata-rata nasional yang mencapai 9.03 %.

Indek Gini Ratio atau tingkat ketimpangan pendapatan masyarakat pada Maret 2024 juga rendah yaitu sebesar 0.283.

"Kondisi ini menunjukan terdapatnya pemerataan pendapatan masyarakat Sumatera Barat antar daerah dan antar golongan di Sumatera Barat," terang dia.

Namun demikian, urai dia, masih ada permasalahan-permasalahan yang belum sepenuhnya dapat diselesaikan sesuai dengan target yang direncanakan.

Di antaranya, pemerataan infrastruktur antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi yang cenderung melambat.

"Belum sesuainya target yang ditetapkan terhadap beberapa hal tersebut, faktor utamanya bukan karena kelalaian dari pemerintah daerah, tetapi lebih disebabkan karena keterbatasan fiskal daerah serta kondisi geografis daerah yang cukup sulit," ungkap dia.

"Ini tentu jadi tugas dan kewajiban kita bersama, baik Pemerintah Daerah, DPRD, Perguruan Tinggi, pelaku ekonomi, perantau dan semua stakeholder terkait," tambah dia.

Meskipun hari ini Provinsi Sumatera Barat telah berusia 79 tahun, ungkap dia, gerak roda pembangunan dan pertumbuhannya masih terus berjalan untuk menjadikan Provinsi Sumatera Barat lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera dan madani.

Ke depan, tugas dan pekerjaan untuk menjadikan Provinsi Sumatera Barat menjadi daerah yang maju, masyarakat madani dengan tetap mempertahankan jati diri sebagai orang "minang " dengan filosofi ABS-SBK ditengah-tengah hantaman masifnya perkembangan teknologi informasi, tidaklah mudah bahkan mungkin semakin berat

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024