Hari Jadi Sumbar ke79, Dino Patti Djalal: Sumbar Layak jadi 'Ibu Kota Negara' di Samudera Hindia

Kamis, 03 Oktober 2024, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Hari Jadi Sumbar ke79, Dino Patti Djalal: Sumbar Layak jadi 'Ibu Kota Negara' di Samudera...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy foto bersama dengan Prof Musliar Kasim (mantan Wamendiknas), Dino Patti Djalal (mantan Wamenlu), Irsyad Safar (Ketua DPRD Sumbar) dan Ismelda Jenraini (Kabag FPP DPRD Sumbar), pada rapat paripurna istimewa, Selasa.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (1/10/2024) - Founder dan Pimpinan Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia Dino Patti Djalal menilai, Ranah Minang menyimpan banyak talenta terpendam, dalam diri generasi mudanya.

Potensi ini, terang Dino, harus disadari, dibina dan diperhatikan. Sebab, anak-anak Sumbar adalah anak-anak yang terpelajar, pemikir serta pemimpi.

"Melalui mereka, kita harus menjadikan Sumbar sebagai "ibu kota negara" di Samudera Hindia. Sebab posisi Sumbar sangat strategis. Momentum geopolitik saat ini, sangat mendukung kita untuk memaksimalkan posisi yang strategis itu," terang Dino Patti Djalal.

Hal itu dikatakannya, saat menyampaikan orasi dan pandangannya terhadap masa depan Sumbar pada rapat paripurna istimewa DPRD Sumbar dengan agenda Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-79 Tahun 2024, Selasa.

Dalam rapat paripurna istimewa yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar itu, juga ikut menyampaikan orasi, Wakil Menteri Pendidikan Nasional yang juga Rektor Universitas Baiturahmah, Prof Musliar Kasim.

Rapat paripurna istimewa ini, juga dihadiri Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy serta Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri RI, Yusharto Huntoyungi.

Dalam orasinya, mantan Wakil Menteri Luar Negeri berdarah Minang tersebut, juga mengajak seluruh pihak, mengupayakan agar Sumbar memiliki ladang ekonomi khusus.

Kemudian, menjadikan Sumbar sebagai provinsi hijau, menjadikan Sumbar aktif dalam kancah pemikiran Islam serta menjadikan Sumbar sebagai benteng sekaligus inspirator dalam pelaksanaan demokrasi.

Sementara itu, Prof Musliar Kasim memaparkan orasi berjudul Pentingnya Pendidikan Bermutu untuk Kemajuan Sumatera Barat.

Bagi Musliar Kasim, pendidikan adalah kunci utama kemajuan keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negara.

"Alasan mengapa orang Minang di masa lalu sukses dan berpengaruh besar dalam sejarah perjalanan bangsa ini adalah karena pendidikannya yang berkualitas," terang dia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024