DPRD Jambi Pelajari Kiat DPRD Sumbar dalam Menyiapkan Anggaran yang Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 25 September 2024, 13:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Jambi Pelajari Kiat DPRD Sumbar dalam Menyiapkan Anggaran yang Mendorong Pertumbuhan...
Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan (FPP) DPRD Sumbar, Ismelda Jenraini berdialog dengan Rombongan Komisi I DPRD Jambi, di ruang rapat khusus 1, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (5/9/2024) - Komisi I DPRD Jambi, gali pengalaman DPRD Sumatera Barat dalam meningkatkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) terkait fungsi penganggaran (budgeting) serta pengawasan (controlling).

"Apa yang didapatkan dari DPRD Sumbar, akan diambil untuk penguatan kinerja sesuai peraturan perundang-undangan," ungkap rombongan Komisi I DPRD Jambi yang dipimpin, Hapis Hasbiallah.

Hal itu dikatakannya, saat berdialog dengan Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan (FPP) DPRD Sumbar, Ismelda Jenraini yang mewakili Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, di ruang rapat khusus 1, Kamis.

Dikatakan, rombongan Komisi I DPRD Jambi merancang sejumlah agenda dalam kunjungan ke Sumbar.

Baca juga: 65 Anggota DPRD Sumbar Ikuti Orientasi Tugas, Sekjen Kemendagri: Daerah Mayoritas Kelola Uang Pusat

Terutama, menggali strategi Sumbar dalam menjalankan fungsi pengawasan dan penganggaran, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dia menambahkan, pihaknya ingin menyerap strategi dan pola yang dilakukan Sumbar dalam membahas anggaran, termasuk bagaimana melahirkan komposisi APBD yang memberikan dampak positif kepada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat

"Kami berharap dapat mempelajari serta mengadopsi pola dan strategi yang dilakukan Provinsi Sumbar untuk diterapkan di daerah kami nantinya," lanjutnya.

Sementara, Ismelda menerangkan, DPRD Sumbar secara kelembagaan terus berkomitmen untuk melahirkan komposisi anggaran yang mampu untuk mengakomodasi pembangunan daerah yang maksimal, tentunya dengan pertimbangan, sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Dua Pimpinan dan 9 Anggota Komisi IV DPRD Pasbar Pelajari Peraturan Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Sumbar

"Untuk pembahasan Perubahan APBD 2024, DPRD Sumbar menjadi salah satu yang tercepat di Indonesia," ungkap Ismelda.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: