10 Desa di Mentawai Berada di Jalur Tsunami

Jumat, 06 September 2024, 07:16 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
10 Desa di Mentawai Berada di Jalur Tsunami
Suasana apel kesiapsiagaan bencana yang digelar di halaman BKPM Piniel Mentawai oleh BNPB dan Pemkab Mentawai, Kamis. (daniwarti)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Suharyanto mengatakan, potensi gempa di megathrust yang disiarkan berbagai media, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. Yang penting, harus selalu waspada.

"Potensi gempa di kawasan megathrust ini, sudah sejak lama dipublikasikan. Karena, letak negara kita Indonesia ini yang berada di posisi lempengan yang memiliki potensi terjadinya gempa bumi yang disertai tsunami," ungkap dia.

"Ini bisa kita lihat dari kejadian sebelumnya, salah satunya di Aceh tahun 2004, kejadian di Padang tahun 2006 dan 2009 termasuk kejadian gempa dan tsunami di Mentawai tahun 2010," tambahnya.

Baca juga: BNPB akan Pasang EWS Terintegrasi di Gunung Marapi, Ini Manfaatnya

Sementara, Fernando J Simajuntak menyampaikan, Mentawai memiliki potensi tinggi terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.

"Kondisi ini, menuntut kita untuk lebih waspada dan memperkuat kesiapsiagaan. Setiap menit, setiap detik, sangat berharga ketika bencana datang," terangnya.

Fernando juga menekankan pentingnya menghadapi potensi gempa berkekuatan 8,9 SR yang diprediksi dapat memicu gelombang tsunami setinggi 20 meter.

"Fokus utama mitigasi bencana berada pada 10 desa pesisir yang langsung berada di jalur tsunami," urai dia. (*)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: