Pilgub Sumbar 2024 Bakal Head to Head, Ini Peta Kekuatan Partai Pengusung Mahyeldi-Vasco dan Epyardi-Ekos

Rabu, 28 Agustus 2024, 09:39 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pilgub Sumbar 2024 Bakal Head to Head, Ini Peta Kekuatan Partai Pengusung Mahyeldi-Vasco...
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen bersama empat anggota KPU Sumbar lainnya, memberikan sambutan saat menerima pendaftaran pasangan calon Mahyeldi-Vasco Ruseimy, Selasa sore. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (28/8/2024) - Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada Pilkada serentak 2024, bakal diikuti dua pasangan calon.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen mengatakan, hingga masa pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, baru dua pasangan calon yang meminta akun sistem informasi pencalonan (Silon) ke KPU Sumbar.

"Dua pasangan Mahyeldi-Vasco Ruseimy dan Epyardi Asda-Ekos Albar yang telah meminta akun Silon itu, juga telah mengisi jadwal pendaftaran ke KPU Sumbar," ungkap Surya Efitrimen.

Untuk Mahyeldi-Vasco, mendaftar pada hari pertama, 27 Agustus 2024.

Baca juga: Pilgub Sumbar 2024 Mengerucut pada Dua Kutub, Ini Analisisnya

Sedangkan Epyardi-Ekos, ungkap Surya Efitrimen, mengabarkan akan mendaftar di hari terakhir, tanggal 29 Agustus 2024.

Dari agenda kedatangan untuk pendaftaran, pasangan Mahyeldi-Vasco ini dicalonkan Lima partai yakni PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Perindo dan PBB.

Tiga partai, merupakan peraih kursi parlemen yakni PKS (10 kursi), Partai Gerindra (10 kursi) dan Partai Demokrat (8 kursi).

Kemudian, Partai Perindo dan PBB merupakan peserta Pemilu 2024 yang belum beruntung menempatkan kadernya di kursi parlemen pada Pemilu 2024.

Sementara, pasangan calon Epyardi-Ekos diusung PAN, Partai Nasdem dan Partai Golkar. Ketiganya merupakan peraih kursi parlemen. PAN meraih 8 kursi, Partai Nasdem (9 kursi) dan Partai Golkar (9 kursi).

Merujuk hasil perolehan suara Pemilu 2024 yang telah ditetapkan KPU Sumbar, PKS mendapatkan 453.572 suara pemilih, Partai Gerindra meraih 427.177 suara pemilih dan Partai Demokrat mendapatkan 281.206 suara pemilih.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: