92 Kaur Keuangan Nagari Dikenalkan Transaksi Non Tunai, Kemendagri Puji Kesiapan Bank Nagari

Kamis, 15 Agustus 2024, 23:45 WIB | Bisnis | Kab. Agam
92 Kaur Keuangan Nagari Dikenalkan Transaksi Non Tunai, Kemendagri Puji Kesiapan Bank...
Bupati Agam, Andri Warman saat peluncuran Transaksi Non Tunai Desa melalui Siskeudes Link dan Nagari Cash Management (NCM) Bank Nagari, Rabu. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (14/8/2023) - Sebanyak 92 peserta yang terdiri dari Kaur Keuangan Nagari se-Kabupaten Agam, ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan peluncuran Transaksi Non Tunai Desa melalui Siskeudes Link dan Nagari Cash Management (NCM) Bank Nagari.

Bimtek yang berlangsung di Padang pada Rabu dan Kamis, tanggal 14-15 Agustus 2024 itu, dikoordinasikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam.

"Kabupaten Agam jadi Pilot Project Siskeudes Link Kementerian Dalam Negeri Pertama di Sumatera dan Ketiga di Indonesia," ungkap Bupati Agam, Andri Warman saat membuka kegiatan, Rabu.

Peluncuran ini dihadiri Direktur Keuangan Bank Nagari, Roni Edrian, Asisten I, Rahman, Sekretaris DPMN Agam, Bustanul Arifin, Staf Ahli, Fauzi.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Kemudian, Kepala DPMN Sumatera Barat, Pimpinan Divisi Bank Nagari dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Musa Adi Guna.

Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi pada Bank Nagari sebagai bank yang siap mewujudkan program ini, mengingat banyak bank lain yang masih kesulitan melakukan koordinasi secara cepat.

"Pencapaian ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan di tingkat nagari," ungkap Andri Warman.

Dengan penerapan Siskeudes Link, ungkap dia, Pemkab Agam berharap dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa, serta menjadikan Agam sebagai contoh bagi kabupaten lain di Sumatera.

Baca juga: Bupati Agam Bersama Grup Tarak Tacin Meriahkan Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw

Dengan adanya aplikasi Siskeudes ini, diharapkan transaksi non tunai di lingkungan Nagari dan Desa akan meningkat, serta mendorong transparansi sistem keuangan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: