Mendikbudristek Buka International SMK Expo, Supardi: Lulusan SMK Layak jadi Penyedia Lapangan Kerja

Jumat, 09 Agustus 2024, 19:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mendikbudristek Buka International SMK Expo, Supardi: Lulusan SMK Layak jadi Penyedia...
Direktur SMK Ditjen Vokasi Kemendikbud RI, Muhammad Yusro bersama Mahyeldi (gubernur), Supardi (ketua DPRD), Barlius (Kadisdik) memukul gendang tanda dibukanya International SMK Expo di Payakumbuh, Rabu malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Meski demikian, ia tetap meyakini bahwa penyelenggaraan International SMK Expo Sumbar kali ini telah menjadi salah satu indikator, bahwa saat ini SMK telah menjadi lembaga pendidikan terbaik dan terus bersaing dengan lembaga pendidikan sederajat lainnya.

"Saat ini, kita tidak lagi semata memikirkan bahwa tamatan SMK disiapkan untuk menjadi tenaga kerja," ungkapnya.

"Akan tetapi, kita harus menekankan bahwa lulusan SMK harus disiapkan untuk menjadi penyedia lapangan kerja, karena mereka memiliki kemampuan dan kreativitas yang luar biasa untuk melakukannya," terang Supardi.

Baca juga: DPRD Sumbar Periode 2019-2024 Akhir Masa Jabatan dengan Rapat Paripurna Tutup Masa Sidang III

Supardi berharap, ke depan lulusan SMK akan hadir sebagai pelaku usaha andal dan dapat bersaing dengan pelaku usaha dari latar pendidikan lain.

Meski bukan pekerjaan yang mudah untuk mewujudkannya, Supardi meyakini dengan komitmen pemerintah bersama stakeholder terkait lain, maka akan semakin banyak lulusan SMK yang akan menjadi pelaku usaha papan atas.

"Kami berharap, International SMK Expo ini terus menjadi agenda tahunan di Sumbar. Sebab, ini adalah salah satu wadah yang akan menunjukkan betapa berkualitasnya pelajar dan lulusan SMK kita di Sumbar," ujarnya.

SMK Tak Kalah dengan Sekolah Luar Negeri

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi meyakini, lulusan SMK adalah motor penggerak utama kemajuan dan pembangunan, sekaligus jawaban atas berbagai persoalan bangsa.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga meresmikan 51 SMK berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta 54 SMK Pusat Keunggulan.

Ia juga mengapresiasi dukungan banyak pihak atas terselenggaranya International SMK Expo Sumbar tahun ini, terutama sekali dukungan dari Kemendikbudristek, Ketua DPRD Sumbar, Supardi dan dari Pemerintah Kota Payakumbuh.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: