Dinas Kesehatan Pasbar Matangkan Persiapan PIN Polio

Senin, 22 Juli 2024, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dinas Kesehatan Pasbar Matangkan Persiapan PIN Polio
Ketua TP-PKK Pasaman Barat, Titi Hamsuardi memberikan arahan pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024, di Padang, Jumat. (humas)

PASBAR (19/7/2024) - Dinas Kesehatan Pasbar gelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio selama dua putara. PIN Polio ini akan menyasar anak usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan 29 hari.

Dua putaran itu yakni, untuk dosis pertama pada 23 hingga 29 Juli 2024 dan dosis kedua pada 6 hingga 12 Agustus 2024. Sweeping akan dilakukan pada 30 Juli hingga 3 Agustus dan 13 hingga 17 Agustus 2024.

"PIN Polio ini digelar dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah penyakit terutama terhadap virus polio," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Hajran Huda.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024, di Padang, Jumat.

Baca juga: PIN POLIO Putaran Kedua Berjalan Lancar di Lunang

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, tanggal 19-20 Juli 2024 itu, dihadiri Asisten III, Raf'an, Ketua TP-PKK Pasbar, Titi Hamsuardi. Juga diikuti Kepala OPD, camat se-Pasbar, 20 wali nagari, unsur Dinas Kesehatan Pasbar serta stakeholder terkait lainnya.

PIN Polio ini mengangkat tema "Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional Demi Generasi Emas Bebas Polio."

Dikatakan Hajran Huda, pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat masyarakat.

Ia juga menekankan bahwa keberhasilan pembangunan kesehatan sangat bergantung pada kesinambungan antarupaya program dan sektor, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya.

Baca juga: PIN Polio Kecamatan Padang Timur, Kejar-Kejaran hingga Minta Tambah

Kementerian Kesehatan, terang dia, terus berupaya mencapai target kesehatan nasional dan SDGs 2030 melalui berbagai inovasi.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: