Dinas Kesehatan Pasbar Matangkan Persiapan PIN Polio

Senin, 22 Juli 2024, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dinas Kesehatan Pasbar Matangkan Persiapan PIN Polio
Ketua TP-PKK Pasaman Barat, Titi Hamsuardi memberikan arahan pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024, di Padang, Jumat. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Fokus utamanya adalah kesehatan ibu dan anak, perbaikan gizi, pencegahan penyakit, Germas, dan transformasi sistem kesehatan.

Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) bertujuan memberantas penyakit menular, meningkatkan deteksi dini serta perilaku hidup sehat masyarakat. Imunisasi, sebagai bentuk pencegahan efektif, telah menyelamatkan jutaan anak dari penyakit yang dapat dicegah.

Menurutnya, PIN Polio ini dilaksanakan untuk memutus rantai penularan polio dan melindungi anak-anak Indonesia.

Baca juga: Pemkab Mentawai Targetkan 13 Ribu Anak Ikuti PIN Polio Tahap I

Di Kabupaten Pasaman Barat, ungkap Hajran Huda, jumlah anak yang tidak mendapat imunisasi dasar lengkap meningkat dari 4.564 anak pada tahun 2022 menjadi 5.654 anak pada tahun 2023.

Sementara, cakupan imunisasi polio menurun dari 54,7% pada 2022 jadi 52,7% pada 2023.

"Penurunan ini dapat memicu wabah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I)," terangnya.

Ketua TP-PKK Pasaman Barat, Titi Hamsuardi mengimbau camat dan wali nagari, menggerakkan kader Posyandu agar menyosialisasikan pelaksanaan PIN Polio tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2024 kepada masyarakat.

Sekaligus menekankan pentingnya partisipasi dasawisma dalam pendataan anak balita yang menjadi sasaran Posyandu di masing-masing wilayah.

"Dengan memastikan setiap anak mendapatkan imunisasi polio, kita dapat mencegah kelumpuhan yang dapat mengancam kesehatan dan masa depan mereka," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta agar setiap kader Posyandu tidak hanya fokus pada sosialisasi tetapi juga memberikan edukasi kepada para orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio bagi anak-anak.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: