Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke PPK Pagai Selatan Hilang Kontak, Warga Gagal Nyoblos

Sabtu, 13 Juli 2024, 13:39 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke PPK Pagai Selatan Hilang Kontak, Warga Gagal...
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen.

PADANG (13/7/2024) - Kapal pengangkut logistik kebutuhan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI untuk kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, alami hilang komunikasi (lost contact) dengan KPU Mentawai.

Kapal tersebut, pada Kamis (11/7/2024), telah sampai di Kecamatan Sikakap mengantarkan logistik PSU DPD RI. Kemudian, kapal berangkat menuju Kecamatan Pagai Selatan.

"Laporan PPK Pagai Selatan, hingga Jumat malam, kapal tersebut masih belum sampai ke lokasi tujuannya. Awak kapal juga tidak bisa dihubungi," ungkap Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen dihubungi via telepon, Sabtu siang.

Terkait kehilangan kontak dengan awak kapal pengangkut logistik ini, ungkap Surya Efitrimen, KPU Sumbar telah berkoordinasi dengan Basarnas Padang.

Baca juga: KPU Sumbar Pastikan Syarat Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada 2024 Sesuai Putusan MK No 60

"Berapa jumlah awak kapal yang membawa logistik untuk PPK Pagai Selatan ini, masih ditunggu informasi detailnya," ungkap Surya Efitrimen.

Kapal tersebut, menurut Surya Efitrimen, berisi 12 kotak yang berisi logistik pemilu. Berupa surat suara, kotak suara hingga perlengkapan pencoblosan.

Dengan tak sampainya logistik PSU DPD ke Pagai Selatan ini, berarti pencoblosan di salah satu daerah kategori 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Sumbar itu tidak terlaksana sesuai jadwal yang ditentukan.

"Jika kapal bermuatan 12 kotak, berarti itu untuk kebutuhan 12 TPS yang ada di PPK Pagai Selatan itu," ungkap Surya Efitrimen.

Baca juga: Hari I Rekapitulasi Perolehan Suara PSU DPD, 17 Daerah Tuntas

Namun, Surya Efitrimen memastikan, tim Basarnas telah menuju lokasi hilang kontaknya kapal pembawa logistik PSU DPD RI itu sejak Sabtu pagi tadi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: