Kemendikbudristek Nobatkan Sumbar Terbaik dalam Pengelolaan PIP

Minggu, 07 Juli 2024, 08:12 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kemendikbudristek Nobatkan Sumbar Terbaik dalam Pengelolaan PIP
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Barlius (Kadisdik) usai menerima penghargaan Penghargaan Pemerintah Daerah Transformatif, Kategori Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Jakarta, Jumat malam. (humas)

PADANG (5/7/2024) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) nobatkan Pemprov Sumatera Barat sebagai penerima Penghargaan Pemerintah Daerah Transformatif, Kategori Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP).

Penghargaan ini diserahkan pada Puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar yang digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat malam.

"Ini adalah penghargaan dan wujud keseriusan Pemprov Sumbar di bidang transformasi pendidikan khususnya kesungguh-sungguhan memaksimalkan serapan PIP untuk masyarakat yang anaknya sedang bersekolah, tetapi kurang mampu dari segi pembiayaan pribadi peserta didik," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Melalui Dinas Pendidikan (Disdik), terang Mahyeldi, Pemprov akan terus berupaya, berinovasi serta bersungguh-sungguh menyiapkan generasi unggul masa depan. Salah satunya, melalui optimalisasi serapan Pengelolaan PIP.

Baca juga: Pemkab Agam Gelar Bimtek SPIP, Ini Arahan Sekda

"Bantuan pembiayaan satuan pendidikan ada program BOS, maka pembiayaan pribadi peserta didik ada pogram PIP, yang didukung oleh anggaran pemprov melalui Program Beasiswa Rajawali," katanya.

Dia berharap, Pengelolaan PIP oleh Kemendikbudristek lebih ditingkatkan lagi, baik dari siswa yang menerima manfaat serta besaran nominal dana yang diterima oleh siswa.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumbar, Barlius yang mendampingi gubernur menerima penghargaan, menyampaikan apresiasinya kepada Kemendikbudristek.

"Kami selalu serius dan bersungguh-sungguh menindaklanjuti program unggulan Kemendikbudristek dalam transformasi pendidikan dan program-program lainnya," katanya.

Baca juga: Ziarah dan Tabur Bunga Warnai HUT ke-20 PIPAS Sumbar

Disdik Sumbar, katanya, memiliki tim khusus PIP yang mengawal mulai pengusulan penerima PIP, pengimputan di Dapodik sekolah, memastikan pengimputan data telah benar dan nomor rekening siswa aktif.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: