BK DPRD Sumbar Dukung Gagasan Pembentukan Forum BK Indonesia, Ini Alasan Muzli M Nur

Minggu, 23 Juni 2024, 08:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
BK DPRD Sumbar Dukung Gagasan Pembentukan Forum BK Indonesia, Ini Alasan Muzli M Nur
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Muzli M Nur.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (23/6/2024) - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Muzli M Nur apungkan gagasan pembentukan Forum Badan Kehormatan DPRD se-Indonesia.

Gagasan pembentukan forum ini, tak lepas dari minimnya dukungan anggaran dan fasilitas penunjang program dan kegiatan yang dimiliki BK seperti ruang kerja hingga ruang sidang.

"Hampir seluruh BK di berbagai tingkatan DPRD, mengalami persoalan serupa. Untuk memperkuat kinerja, BK harus memiliki wadah untuk saling berkoordinasi, salah satunya terbentuknya forum pada skala nasional," ungkap Muzli.

Wacana pembentukan forum itu disampaikan Muzli, usai berdiskusi dengan Ketua BK DPRD Riau, Ade Agus Hartianto, baru-baru ini.

Baca juga: Dua Pimpinan dan 9 Anggota Komisi IV DPRD Pasbar Pelajari Peraturan Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Sumbar

"Gagasan itu perlu didukung, salah satu inisiatornya adalah BK DPRD Riau. Ke depan kita akan koordinasikan rencana itu secara internal dan eksternal," katanya.

Dia berharap, forum BK Indonesia bisa terbentuk, namun dalam penerapannya nanti pasti akan memakan anggaran untuk operasional.

"Hal itu akan masuk sebagai bahan kajian, nanti. Pastinya, akan ada rapat-rapat atau perjalanan untuk andil dalam wadah itu, pihak sekretariat juga harus bersiap untuk mengakomodir," terang dia.

"Selama aturannya jelas dan tidak mengganggu kinerja AKD lainnya, maka tidak ada hambatan untuk mengikuti pembentukan Forum BK Indonesia ini," nilai Muzli.

Baca juga: Nagari Sisawah Terima Ambulance, Dananya dari BKK Anggota DPRD Sumbar Daswanto

Muzli menegaskan, BK memiliki peran yang sangat strategis dalam menunjang kinerja kedewanan. Secara umum, BK merupakan AKD yang berfungi menjaga marwah lembaga DPRD.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024