Pawai Obor Daruak Daram, Andri Warman: Agenda Positif Manyambut Idul Fitri

Rabu, 10 April 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pawai Obor Daruak Daram, Andri Warman: Agenda Positif Manyambut Idul Fitri
Bupati Agam, Andri Warman didampingi Yenita (ketua PKK), Edi Busti (Sekda) saat melepas Pawai Obor Daruak Daram, Selasa malam. (humas)

AGAM (10/4/2024) - Ratusan santri dan pelajar di Lubuk Basung mengikuti pawai obor malam takbiran, dalam rangka menyemarakkan Idul Fitri 1445 hijriah, Selasa (9/4/2024) malam.

Pawai obor bertajuk Daruak Daram ini dilepas Bupati Agam, Andri Warman didampingi Kakan Kemenag Agam, Thomas Febria.

Turut menyaksikan Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, Sekda Agam, Edi Busti, Ketua TP PKK Agam, Yenita dan unsur pimpinan Forkopimda.

Edi Busti yang juga Ketua PHBI menyampaikan, pawai obor merupakan agenda tahunan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Dikatakan, pawai obor merupakan upaya mengisi malam takbiran dengan kegiatan positif sekaligus mempererat tali silaturahmi.

"Kegiatan ini wujud suka cita masyarakat dalam menyambut hari kemenangan dengan menggemakan takbir di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sementara itu, Andri Warman saat melepas arakan pawai obor menyebut, kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat setempat yang masih dipertahankan setiap tahunnya.

"Kegiatan ini merupakan tradisi yang terus dipertahankan warga. Namun sempat vakum akibat Covid-19. Ini kali kedua saya melepas setelah jadi bupati," tuturnya.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Menurutnya, pawai obor dalam rangka menyambut Idul Fitri ini sesuai dengan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: