PHO Jalan Tol Ruas Bangkinang-Koto Kampar Tuntas, Target: Bisa Dipakai Mudik Lebaran

Selasa, 26 Maret 2024, 18:45 WIB | Bisnis | Provinsi Riau
PHO Jalan Tol Ruas Bangkinang-Koto Kampar Tuntas, Target: Bisa Dipakai Mudik Lebaran
Gerbang tol Ruas Bangkinang-Koto Kampar yang telah dituntaskan proses PHO-nya, 22 Maret 2024 lalu. (humas)

Tujuannya, untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh regulator atau Kementerian PUPR dengan harapan dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Dalam proses pembangunannya, Hutama Karya menggunakan sejumlah teknologi konstruksi di antaranya seperti Jembatan Unibridge, untuk efisiensi struktur pada kontur yang ekstrim, serta struktur yang ringan dengan bentang yang panjang dapat mengefisiensi desain pada struktur pondasi dan kolomnya.

Jalan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I, memiliki main road sepanjang 24,7 km, dengan jumlah lajur 2x2.

Baca juga: Bunga Bangkai Ditemukan Pemburu Babi di Hutan Nagari Garagahan

Adapun kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam jadi hanya 15-20 menit.

Untuk jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur meliputi 8 jembatan, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, 1 interchange dan 2 gerbang tol.

Selain memudahkan mobilitas memangkas waktu tempuh pemudik, jalan tol ini juga memberikan manfaat khusus untuk masyarakat sekitar yaitu meningkatkan UMKM pada lokasi pintu keluar/masuk tol, membuka lapangan kerja pada masyarakat sekitar mulai dari saat proses konstruksi hingga operasional.

Sebagai informasi, 2 ruas JTTS yang rencana akan difungsionalkan meliputi jalan tol Bangkinang -- Pangkalan Tahap I dan Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Limapuluh-Kisaran.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: