Mau Usaha Sukses dan Berkembang? Coba Terapkan 4 Strategi Rahasia Bisnis Ini

Kamis, 21 Maret 2024, 15:48 WIB | Bisnis | Nasional
Mau Usaha Sukses dan Berkembang? Coba Terapkan 4 Strategi Rahasia Bisnis Ini
Ilustrasi tips sukses berbisni di tahun 2024. (Foto: Canva/Pinterest)

Untuk mencapai hal ini, kamu perlu memulai dengan memiliki impian besar, atau dalam istilah populer disebut 'gold'. Impian besar merupakan pijakan awal yang sangat penting.

Dalam hal ini, memiliki visi jelas tentang seberapa besar kamu ingin bisnismu tumbuh, seberapa luas jangkauannya, dan seberapa kuat posisinya di pasaran adalah kunci.

Ambillah contoh seorang klien yang merencanakan ekspansi bisnisnya dengan membuat peta Indonesia yang menandai lokasi cabang yang diinginkan.

Awalnya hanya memiliki satu toko di Bandung, kini ia telah berhasil membuka tujuh cabang di berbagai kota besar, bahkan beberapa di antaranya dikelola oleh anggota keluarganya.

Kesuksesannya bermula dari impian besar yang diwujudkan dengan langkah-langkah konkret.

Tanpa impian besar, kesuksesan besar pun sulit dicapai. Impian merupakan bekal gratis yang bisa menjadi kenyataan melalui usaha yang tekun dan konsisten.

Oleh karena itu, mulailah dengan menetapkan impianmu dan percayalah bahwa segala sesuatu yang besar dimulai dari mimpi.

2. Model Bisnis yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah merumuskan model bisnis yang sesuai. Apakah kamu ingin menjadi pabrik, distributor, ritel, bisnis digital, atau bahkan franchise? Keputusan ini sangat krusial.

Bahkan jika kamu bermaksud membuka sebuah restoran, kamu perlu memiliki model bisnis yang jelas, apakah menyediakan tempat duduk bagi pelanggan atau hanya melayani pemesanan untuk dibawa pulang.

Kehadiran model bisnis yang terdefinisi dengan baik akan membantu kamu mengarahkan langkah-langkah berikutnya dengan lebih yakin.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: