Masjid Asy-Syura DPRD Sumbar Diresmikan, Tampung 600 Jemaah serta Dilengkapi Pustaka Digital

Senin, 04 Maret 2024, 15:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Masjid Asy-Syura DPRD Sumbar Diresmikan, Tampung 600 Jemaah serta Dilengkapi Pustaka...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi menandatangani prasasti peresmian Masjid Asyura DPRD Sumbar didampingi Audy Joinaldy (Wagub), Irsyad Syafar (Wak Ketua) Raflis (Sekwan) dan jajaran, Senin pagi. (humas)

PADANG(4/3/2024) -- Pengerjaan Masjid Asy-Syura DPRD Sumbar tuntas dikerjakan. Masjid yang dibangun dengan dana Rp21 miliar itu, menampung sampai 600 orang jemaah.

Selain itu, masjid yang terdiri dari tiga lantai ini dilengkapi itu juga dilengkapi sejumlah fasilitas modern. Khusus di lantai dasarnya, dijadikan perpustakaan secara manual maupun digital.

"Masjid ini tak hanya sarana ibadah, tapi juga dilengkapi fasilitas berdiskusi dan rapat. Bisa berbicara apapun di sini untu kemaslahatan ummat dan bangsa," ungkap Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat peresmian, Senin pagi.

Dikatakan Supardi, saat ini baru ada dua ribu judul buku di pustaka digitalnya. "Ke depan, semoga bisa mencapai 2 juta judul buku nantinya," sebut Supardi didampingi Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis.

Baca juga: Peneliti Asing Hadiri Festival Maek, Supardi; Momentum untuk Ungkap Tabir Peradaban Maek

Dikesempatan itu, Supardi mengajak seluruh yang hadir untuk mengenang kisah para tokoh yang pemikirannya diakui dunia, namun bisa menghasilkan karya-karya besar dan dikenang sepanjang masa di tengah keterbatasan yang ada di masa lampau.

Seperti Tan Malaka, dengan buku Madilog-nya dengan penjabaran pemikiran hebat mengenai materi, dialektik dan logika.

Kemudian juga ada Buya Hamka, yang menghasilkan Tafsir Al Azhar-nya dalam sekian judul, yang dituntaskan saat dirinya berada di penjara, yang sangat terbatas tentunya.

"Di masa itu, tidak ada Wi-Fi, AC, kipas angin, komputer dan literasi yang terbatas, namun mereka mampu lahirkan sebuah ide yang luar biasa," ungkap Supardi.

Baca juga: Festival Maek Hadirkan Peneliti Asing, Supardi: Kabut Peradaban Megalitik Maek harus Disibak

Terkait keberadaan masjid Asy-Syura DPRD Sumbar, Supardi menyampaikan harapan, agar dengan adanya masjid ini, akan lahir literasi-literasi hebat nantinya, melalui fasilitas yang ada.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: