Muzli M Nur: Fraksi Berperan Besar dalam Tegaknya Etika di Parlemen

Jumat, 01 Maret 2024, 07:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Muzli M Nur: Fraksi Berperan Besar dalam Tegaknya Etika di Parlemen
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumatera Barat, Muzli M Nur foto bersama dengan BK DPRD Tanjung Pinang, Surya Admaja (ketua) dan anggota, Respriadi dan Rosiani usai kunjungan kerja, Kamis. (humas)

Dia mengatakan pada prinsipnya, BK berperan untuk menjaga marwah anggota dewan dan lembaga.

Apalagi, anggota parlemen adalah wakil rakyat yang harus menjaga kehormatan. Makanya, harus serius dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Monitor Absensi

Baca juga: Bank Sampah Pasaman dan Pasbar Dibantu Betor, Muzli: Sampah itu Bisa jadi Uang di Tangan Orang Kreatif

Ketua BK DPRD Kota Tanjung Pinang, Surya Admaja mengatakan, di DPRD Kota Tanjung Pinang jumlah anggota BK hanya tiga orang, namun kinerja lebih optimal karena bisa saling tukar pikiran.

"Menyatukan tiga kepala lebih mudah dari lima kepala," ujar Surya yang didampingi anggota BK DPRD Tanjung Pinang, Respriadi dan Rosiani.

Selama periode 2019-2024, belum ada anggota DPRD Kota Tanjung Pinang yang diberhentikan karena kasus yang serius.

"Dalam mekanisme bekerja, fokus BK Tanjung Pinang adalah memonitor absensi paripurna, berapa anggota yang hadir dan berapa yang tidak hadir," terangnya.

"Dalam Tatib DPRD Tanjung Pinang, enam kali absen paripurna akan diberikan teguran kepala fraksi melalui surat resmi BK," katanya.

Dia menekankan, tugas selama jadi anggota DPRD harus sesuai aturan perundang-undangan dan jujur, jangan sampai ada perbuatan yang bisa merongrong marwah kelembagaan. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: