Aplikasi e-Dasawisma jadi Program Inovasi TP PKK Agam dan Diskominfo

Jumat, 23 Februari 2024, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Aplikasi e-Dasawisma jadi Program Inovasi TP PKK Agam dan Diskominfo
Ketua TP PKK Agam, Yennita menyambut Ketua TP PKK Sumbar, Harneli pada penilaian Dasawisma tingkat provinsi di Kampung Pisang, Nagari Koto Panjang, Kecamatan IV Koto, Rabu (21/2/2024). (humas)

AGAM (21/2/2024) - TP-PKK Agam telah membentuk 4.915 kelompok Dasawisma sepanjang tahun 2023. Terjadi peningkatan sebanyak 112 kelompok dibandingkan tahun sebelumnya.

"Klasifikasinya, pertumbuhan sebanyak 2.257, berkembang (1.788) dan maju (870)," ungkap Ketua TP PKK Agam, Yennita dalam laporannya pada penilaian lomba Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kampung Pisang, Nagari Koto Panjang, Kecamatan IV Koto, Rabu (21/2/2024).

Kabupaten Agam terdiri dari 16 kecamatan dengan total 138.907 Kepala Rumah Tangga (KRT) dan 201.195 Kepala Keluarga (KK).

Kehadiran Kelompok Dasawisma ini, ungkap Yenni, telah jadi ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tengah masyarakat.

Baca juga: Galeri Pelangi Kampung Mandiri Nagari Sitalang Gelar Pelatihan Pembuatan Kampie

Sejumlah agenda yang telah dilakukan, yakni program pembinaan dasawisma di nagari-nagari lomba PKK tingkat provinsi dan nasional, rapat evaluasi bersama forum ketua Dasawisma dan ketua PKK nagari, serta pelatihan administrasi Dasawisma oleh TP-PKK nagari.

Upaya lainnya, penilaian temu ketua kelompok Dasawisma, lomba ekspos ketua kelompok Dasawisma secara berjenjang, pencanangan bulan Bhakti Dasawisma, monitoring dan evaluasi bulan Bhakti Dasawisma serta orientasi untuk pengurus forum ketua Dasawisma dengan materi bidang sekretaris dan Pokja I hingga IV.

"Selain itu, kegiatan inovasi turut diterapkan dengan kerjasama bersama Dinas Kominfo Kabupaten Agam untuk pembuatan aplikasi e-Dasawisma," ungkap Yenni.

Selain itu, melalui rapat terpadu dengan 9 mitra kerja, penyuluhan Bimwin dan Cepak, kesehatan produksi remaja, perekaman administrasi kependudukan online dan kolaborasi dengan Dinas Dukcapil untuk percepatan KIA anak.

Baca juga: Dasawisma Kabun Wakili Agam pada Lomba Dasawisma Tingkat Provinsi Tahun 2024

Program seperti Gerakan Literasi Tamasya Perpustakaan (GELIS TPPKK TK/PAUD) bersama anak-anak TK/PAUD dan Gerakan Literasi Masyarakat Sejahtera (GELITA MESRA) turut dilakukan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: