Komisi II DPR RI Tinjau Kesiapan Pemilu 2024 di Sumbar, Gubernur Ungkap Ratusan Miliar Hibah untuk KPU dan Bawaslu

Rabu, 31 Januari 2024, 08:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Komisi II DPR RI Tinjau Kesiapan Pemilu 2024 di Sumbar, Gubernur Ungkap Ratusan Miliar...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Guspardi Gaus (pimpinan rombongan Komisi II DPR RI), saat dialog tentang pelaksanaan Pemilu 2024 di istana gubernuran Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (30/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyampaikan, Pemprov bersama 19 pemerintah kabupaten/kota, sudah menyalurkan total Rp431 miliar lebih dana hibah untuk KPU dan Rp165 miliar lebih untuk Bawaslu.

"Ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata kita di Sumbar, dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," ucap Mahyeldi di Padang, Selasa.

Hal itu dikatakan Mahyeldi, saat menerima rombongan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPR RI ke Sumatera Barat, dalam rangka memastikan persiapan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu. Pertemuan digelar di auditrotium Istana Gubernur Sumbar.

Agenda ini juga dihadiri Forkopimda Sumbar serta Komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi serta Kabupaten/Kota di Sumbar.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Kunker Komisi II DPR RI ini, meninjau kesiapan seluruh elemen masyarakat dalam merayakan hari puncak pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tanggal 14 Februari 2024.

Mulai dari aspek dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap teknis pelaksanaan Pemilu, pemaksimalan partisipasi pemilih hingga pelaksanaan komitmen netralitas ASN, TNI dan Polri.

Dikesempatan itu, Mahyeldi menyatakan, Pemprov Sumbar senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama masa Pemilu.

Di Sumbar sendiri, dikenal slogan Pemilu Badunsanak, yang tentunya dapat terealisasi berkat partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

"Pemilu Badunsanak itu tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, tapi merupakan ikhtiar dalam menciptakan atmosfir yang kondusif dalam pelaksanaan Pemilu di Sumbar. Ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen," ujar Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: