Lagu Berbahasa Minang Asli Sumbar Ada yang Go Internasional? Simak 4 Daftarnya!

Senin, 29 Januari 2024, 15:04 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Lagu Berbahasa Minang Asli Sumbar Ada yang Go Internasional? Simak 4 Daftarnya!
Gasiang Tangkurak (foto: Instagram @budaya.awak)

SALAH satu karya seni yang tidak lekang oleh waktu adalah sebuah lagu, tentunya bersumber baik dari daerah atau pun wilayah perkotaan.

Nah tahukah kamu bahwa ada lagu khas daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang pelafalannya menggunakan Bahasa Minang, tapi viral di Internasional?

Pendengar dan penggemarnya bukan hanya warga lokal dan nasional yang ada di Indonesia saja, tapi juga luar negeri. Judul lagu tersebut adalah Tak Tuntuang.

Merupakan satu-satunya lagu berbahasa Minang yang digemari orang luar Indonesia, meskipun ada daftar musik lain yang terkenal secara Nasional. Apa saja itu?

Baca juga: Bencana Banjir Hantam Sektor Perikanan Sumbar, Ini Paparan Mahyeldi ke Menteri KKP

Pada artikel ini, Valora News akan membahas 4 daftar lagu berbahasa Minang khas Sumbar yang pernah viral se-Indonesia. Bahkan, ada di antaranya sampai luar negeri.

4 Daftar Lagu Berbahasa Minang Asli Sumbar Viral

1. Tak Tuntuang

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Tak Tuntuang merupakan satu-satunya lagu berbahasa Minang khas Sumbar yang viral sampai keluar negeri, populer sejak tahun 2017 lalu.

Melalu video klip Youtube yang menampilkan talent penyanyinya berbaju daster, sangat menarik perhatian banyak kalangan. Budget pembuatan minim, tapi hasil cuannya maksimal.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Penyanyi bernama Upiak Isil tersebut, berhasil membawa ketertarikan penggemar hingga negeri Jiran dan Thailand. Terbaru, kabar pelantun Tak Tuntuang tersebut pada 2023 dikabarkan usai menikah.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: