5 Fakta Unik Sumbar yang Pastinya Perantau Tahu, Apa Itu?

Rabu, 24 Januari 2024, 19:05 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
5 Fakta Unik Sumbar yang Pastinya Perantau Tahu, Apa Itu?
Ilustrasi Sumbar berupa foto Masjid Raya Sumatera Barat (foto: Pemerintahan Kota Padang)

PASTINYA suku Minang sendiri atau pun perantau luar daerah, tidak asing dengan beberapa fakta unik Sumatera Barat (Sumbar).

Maka dari itu, mari simak rangkumannya lagi berdasarkan informasi Valora News pada artikel ini sebagai pengingat dan pelepas rindu.

Setiap daerah tentu punya tradisi adat yang menjadikannya sebagai sebuah fakta unik, termasuk di wilayah Sumbar dan sekitarnya sendiri.

Selain sebagai pengingat bagi perantau umur dewasa, juga bisa jadi informasi bagi kawula muda penerus bangsa terkait keunikan suku Minang.

Baca juga: Ini Jadwal Penting Pilkada Serentak di 12 Kabupaten, 7 Kota dan Provinsi se-Sumatera Barat

Yuk lestarikan keberagaman budaya Indonesia, termasuk wilayah Minang di Sumbar sebagai warisan budaya nenek moyang yang patut diteruskan turun temurun.

Tahukan Kamu, Ini loh 5 Fakta Unik Sumbar

1. Rumah Adat Bergonjong

Pertama, suku Minang yang ada di Sumbar biasanya memiliki Rumah Adat Bergonjong sebagai salah satu arsitektur unik dengan atap melengkung yang dihiasi ukiran indah.

Ceritanya dulu terkait penetapan gonjongan ini adalah karena pertarungan antara 2 suku minang dan dimenangkan oleh mereka yang menggunakan gonjong kecil juga runcing.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: It Arman Caleg PPP Dituntut 2 Tahun Penjara

Setelahnya, pihak terkait menyepakati gonjongan runcing tersebut dijadikan sebagai ikon Minang dan diletakkan bentuknya di Rumah Adat hingga jadi suntiang pernikahan yang dikenakan perempuan.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: