11,2 Juta Wisatawan Kunjungi Sumbar Sepanjang Tahun 2023, Ini Kata Gubernur

Senin, 22 Januari 2024, 12:30 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
11,2 Juta Wisatawan Kunjungi Sumbar Sepanjang Tahun 2023, Ini Kata Gubernur
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat peluncuran Calendar of Events (CoE) Sumatera Barat Tahun 2024 yang digagas Dinas Pariwisata di Pantai Padang, Sabtu malam. (humas)

PADANG (22/1/2023) -- Tahun Kunjungan Wisata 'Visit Beautiful West Sumatera/VBWS 2023' berhasil datangkan 11,2 juta wisatawan. Sementara, targetnya 8,2 juta kunjungan hingga akhir Desember 2023.

"Realisasi target kunjungan pada program VBWS 2023, sebesar 137,12 persen," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang.

Hal itu dikatakan Mahyeldi saat peluncuran Calendar of Events (CoE) Sumatera Barat Tahun 2024 yang digagas Dinas Pariwisata.

Peluncuran digelar di Pantai Purus Padang. Peluncuran ini sekaligus sebagai bentuk keseriusan pembangunan pariwisata di Ranah Minang.

Baca juga: Kunjungan Wisata ke Sumbar Ditargetkan 13,5 Juta di 2024, Ini Alasan Gubernur Pasang Target Tinggi

"Agenda ini yang harus terus dioptimalkan, agar manfaat sektor pariwisata bisa terus bertumbuh di daerah ini dan dapat dirasakan manfaat ekonominya secara langsung oleh masyarakat," tutur Mahyeldi.

"Kita harus terus berupaya sebaik mungkin agar sektor pariwisata benar-benar tumbuh dan berkembang dengan baik di Sumbar, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh pihak," tambah Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengapresiasi seluruh bupati/wali kota di Sumbar dan seluruh element pentahelix pariwisata, akademisi, pelaku industri pariwisata, media dan masyarakat, yang telah bahu-membahu sepanjang tahun 2023 menyukseskan program aktivasi sektor pariwisata pascapandemi Covid19.

"Kita perlu terus berkreasi dan berinovasi dalam menyelenggarakan iven-iven, agar target kunjungan wisatawan tahun 2024 bisa tercapai dengan baik," ajaknya.

"Semakin banyak iven berkualitas, akan semakin banyak multiplayer effects yang dapat kita harapkan manfaatnya untuk Sumbar," tambahnya.

78 Kalender Event

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: