Realisasi APBD Sumut 2024, Ini Target Gubernur untuk PA, KPA dan PPTK

Selasa, 16 Januari 2024, 17:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Realisasi APBD Sumut 2024, Ini Target Gubernur untuk PA, KPA dan PPTK
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin pada Konsolidasi dan Pembekalan Pelaksanaan Program Kegiatan dan Anggaran Tahun 2024 di Aula Rana Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut di Medan, Senin. (humas)

MEDAN (15/1/2024) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menegaskan, realisasi APBD harus bisa mencapai target-target yang ditentukan, terutama jadi stimulus utama ekonomi.

"Para Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) harus menyadari, mengapa dana APBD ini harus dikelola tepat waktu," ungkap Hassanudin di Medan, , Senin (15/1/2024).

Hal itu dikatakan Hassanudin, pada Konsolidasi dan Pembekalan Pelaksanaan Program Kegiatan dan Anggaran Tahun 2024 di Aula Rana Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pengeran Diponegoro No 30 Medan.

Sebagai PA, KPA, PPTK, tegas Hassanudin, harus sadar betapa pentingnya APBD dikelola tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu. "Jika dikelola seperti itu, akan berdampak pada kehidupan masyarkat luas," kata Hassanudin.

Baca juga: Open House Gubernur Sumut, Hassanudin: Mari Saling Memaafkan

Hassanudin pun meminta, pada triwulan I realisasi APBD 2024 mencapai 30%, kemudian 60% di triwulan II, 90% di triwulan III dan 100% di triwulan IV.

Dia juga mendorong agar di bulan Oktober, seluruh proyek fisik dan pengadaan sudah selesai.

"Percepat realisasi APBD, sehingga bulan Oktober diharapkan sudah selesai. Sisa dua bulan kita gunakan untuk evaluasi dan membuat laporan," kata Hassanudin.

Selain terkait percepatan (akselerasi), Hassanudin juga menekankan terkait konvergensi (fokus), responsibility (tanggung jawab) dan achievment (pencapaian).

Baca juga: Ini Tiga Nasehat Khatib Shalat Idul Fitri di Halaman Rumah Dinas Gubernur Sumut

Hal ini bertujuan untuk memenuhi fungsi alokasi, distribusi dan stabilisasi APBD.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: