Minimal Untung Rp300 Ribu Sehari, Jalankan 5 Ide Usaha di Desa Ini!

Sabtu, 13 Januari 2024, 14:26 WIB | Bisnis | Nasional
Minimal Untung Rp300 Ribu Sehari, Jalankan 5 Ide Usaha di Desa Ini!
Ilustrasi ide usaha di desa cuan Rp300 ribu sehari. (Foto: Canva/Pinterest)

Selanjutnya ada ide usaha yang pasti udah familiar, yaitu angkringan. Biasanya, anak muda suka banget nongkrong di sini.

Ternyata, nggak cuma di kota, lho, angkringan bisa jadi peluang bisnis yang oke juga di desa.

Gampang banget konsepnya. Di angkringan ini, ada berbagai makanan enak, kayak seafood dan sate-satean kekinian. Plus, jangan lupa minuman yang segar. Tempatnya sederhana, pake tikar dan meja, tapi harganya terjangkau.

Anak muda suka banget mampir ke angkringan gara-gara suasana yang enak dan harga yang ramah di kantong.

Jadi nggak heran kalau bisnis angkringan ini punya potensi besar buat dapetin keuntungan, bahkan di desa. Jadi, mungkin bisa dicoba nih buat peluang usaha yang asik.

4. Usaha Perkebunan dan Pertanian

Nah, ide usaha berikutnya yang oke buat pemula di desa adalah di bidang perkebunan dan pertanian. Soalnya, ini jenis usaha yang nggak lekang oleh zaman di desa.

Gampangnya, luas lahan yang ada di desa biasanya masih oke untuk dijadikan tempat perkebunan atau pertanian.

Buat pemula, bisa mulai dengan bantuin pemilik lahan dulu. Jadi, belajar gimana caranya jadi petani yang bisa ngelola lahan dengan hasil yang memuaskan.

Kalau udah punya modal lebih, bisa deh sewa atau bahkan beli sawah sendiri. Ada contoh sukses dari Pak Ulus Pirmawan, anak petani di Bandung Barat. Meskipun nggak lanjut sekolah, dia pilih terjun ke dunia pertanian bareng bapaknya.

Dengan tekun dan gigih, usahanya sukses besar hingga bisa ekspor ke kota besar. Bahkan, dapet penghargaan sebagai petani teladan dari FAO pada 2017.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: