Status Gunung Marapi Level Siaga, Ini Arahan Bupati Agam

Kamis, 11 Januari 2024, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Status Gunung Marapi Level Siaga, Ini Arahan Bupati Agam
Bupati Agam, Andri Warman.

AGAM (10/1/2024) - Bupati Agam, Andri Warman mengimbau warga yang bermukim di sekitaran kaki Gunung Marapi, tidak memasuki dan melakukan kegiatan dengan radius 4,5 KM dari puncak.

"Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang terjadi, terutama saat musim hujan," terang Andri Warman, Rabu.

Imbauan itu disampaikan Andri Warman, menindaklanjuti penetapan status Gunung Marapi dari Level II jadi Level III (siaga) oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Jika terjadi hujan abu, Andri Warman juga mengajak masyarakat untuk menggunakan masker, agar terhindar dari risiko penyakit pernafasan.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

"Diimbau juga untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak terjadi kerusakan," ucapnya.

Dia juga mengimbau seluruh pihak, agar menjaga suasana kondusif, tidak menyebarkan berita hoaks dan tidak terpancing isu yang tidak jelas sumbernya.

"Masyarakat diminta untuk selalu mendengarkan arahan dari pihak berwenang," tegasnya.

"Semoga bencana ini cepat berlalu, Gunung Marapi kembali membaik sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal," harapnya. (*)

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: