Media Sosial jadi Trend dalam Penyampaian Informasi Publik, DPRD Sumbar Lahirkan Inovasi Podcast Asik

Sabtu, 06 Januari 2024, 22:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Media Sosial jadi Trend dalam Penyampaian Informasi Publik, DPRD Sumbar Lahirkan Inovasi...
Kabag Persidangan Perundang-Undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir bersama Dahrul Idris (Kasubag Humas) dan jajaran, pada persiapan siaran Podcast ASIK DPRD Sumbar. (humas)

PADANG (6/1/2023) - Sekretaris DPRD Sumatera Barat, Raflis melihat, penggunaan media sosial dalam menyampaikan informasi publik oleh badan publik, sudah jadi fenomena yang digandrungi masyarakat.

"Fenomena ini coba kita tangkap pula dengan menghadirkan Podcast Asik DPRD Sumbar, dalam upaya penyebaran informasi kegiatan kedewanan," ungkap Raflis di ruang kerjanya, Kamis.

Mendukung rencana itu, ungkap Raflis, sekretariat DPRD Sumbar telah dilengkapi sejumlah tenaga IT yang akan mendukung kelancaraan penggunaan media sosial sebagai salah satu saluran komunikasi publik.

"Ini akan jadi kekuatan DPRD menuju layanan digitalisasi termasuk keberadaan fasilitasi kegiatan Podcast Asik DPRD Sumbar," ungkap Raflis.

Baca juga: Raflis Paparkan 18 Inovasi untuk Perkuat Keterbukaan Informasi di MAN 2 Pessel

Terpisah, Kabag Persidangan Perundang-Undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir mengatakan, Podcast Asik DPRD Sumbar merupkan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penyebaran informasi aktifitas kerja kedewanan dalam tiga peran dan fungsinya yakni penganggaran, legislasi dan pengawasan.

"Dari tiga peran dan fungsi DPRD Sumbar itu, penyebaran informasi sosialisasi produk Perda perlu mendapat perhatian khusus," terangnya.

"Tujuannya, agar aturan dalam Perda tersebut, dapat memberikan dampak kemajuan pelaksanaan pembangunan daerah. Kita ketahui, belum semua Perda itu tersosialisasi dengan baik," ungkap Zardi.

Menurut Zardi, podcast telah jadi salah satu trend di Indonesia. Banyak dari content creator hingga influencer, membuat sebuah konten dengan berbasis siaran radio dan televisi atau biasa dikenal dengan istilah podcast.

Baca juga: Komisi III DPRD Kepri Cari Tahu Kiat Pembangunan Infrastruktur ke DPRD Sumbar

Para penonton merasa tertarik dengan adanya konten tersebut sebab, terdapat sebuah proses diskusi menarik yang disajikan secara santai.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: