Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Batubara, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jumat, 29 Desember 2023, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Batubara, Ini Pesan Presiden Jokowi
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin foto bersama usai melantik Nizhamul sebagai Pj Bupati Batubara dan Pj ketua TP-KKK Sumut dan Batubara di rumah dinas gubernur, Rabu (27/12/2023). (humas)

MEDAN (27/12/2023) - Presiden RI Joko Widodo, tunjuk Nizhamul sebagai penjabat (Pj) Bupati Batubara, Sumatera Utara. Nizhamul kemudian dilantik Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin di rumah dinas gubernur, Rabu (27/12/2023).

"Saya selaku Pj Gubernur Sumut, mengucapkan selamat kepada Nizhamul sebagai Pj Bupati Batubara sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri. Ada sejumlah arahan yang disampaikan presiden untuk Pj Bupati Batubara," kata Hassanudin pada pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj Bupati Batubara tersebut.

Sejumlah arahan tersebut yakni mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar, mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat.

Kemudian, waspada terhadap dampak dari fenomena elnino, menyederhanakan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Selanjutnya, mengantisipasi gejolak politik sekecil apapun yang dapat memicu terganggunya stabilitas ketentraman dan ketertiban masyarakat.

"Presiden juga memberikan arahan agar mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan stunting, dan hilirisasi industri. Kemudian memberantas peredaran dan penggunaan Narkoba, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pelanggarnya," ujarnya.

Hassanudin yakin, Nizhamul mampu mengemban dan menjalankan tugas, serta tanggung jawab sebagai Pj Bupati Batubara, berdasarkan pengalaman sebagai birokrat, baik di pemerintahan daerah maupun di pusat.

Nizhamul adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Untuk Kabupaten Batubara, lanjut Hassanudin, pertumbuhan indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2023 sebesar 72,56%, atau meningkat 1,13% bila dibanding tahun 2022.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: