Potensi Wisata Sumbar, Ian: Tak Diurus Kepala Daerah

Selasa, 29 Desember 2015, 21:24 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Potensi Wisata Sumbar, Ian: Tak Diurus Kepala Daerah
Ketua DPD Asosiasi Tour and Travel Agent (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah (kiri) saat jadi pembicara dalam sebuah acara yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumbar, 13 Oktober 2015 di Bukittinggi. (istimewa)

VALORAnews - Ketua DPD Asosiasi Tour and Travel Agent (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan, banyak kepala daerah di Sumbar, kurang serius mengurus potensi pariwisata yang ada di daerahnya.

"Sumbar punya potensi pariwisata yang berlimpah. Baik itu wisata alam maupun budaya. Kalau potensi itu dikelola dengan baik, pasti akan menunjang perekonomian daerah," ungkap Ian Hanafiah saat jadi pembicara pada Seminar Nasional Menjawab Tantangan Baru Ekonomi Sumbar, yang diadakan di aula Anggun Nan Tongga Bank Indonesia, Sumbar, Senin (28/12/2015).

Seminar tersebut dihadiri pejabat SKPD terkait, dosen dan rektor sejumlah Universitas di Padang dan lembaga ekonomi lainnya. Tampil sebagai pembicara, di antaranya Herman Danil Ibrahim (anggota Dewan Energi Nasional yang juga mantan Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN) serta Andrinof Chaniago (mantan menteri Bappenas).

Dikatakan Ian, banyak objek wisata potensial di Sumbar tapi kurang berdampak bagi perekonomian. Hal itu disebabkan tidak adanya fasilitas pendukung. Seperti Lembah Harau dan Kelok 9. "Kedua tempat tersebut, kini telah jadi tujuan favorit warga, tapi tidak disiapkan sarana pendukung seperti tempat istirahat, makan maupun souvenir," terangnya.

Baca juga: Pengurus IPSI Sumatera Barat Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas, Ini Pesan Ketua DPRD Sumbar

"Bayangkan, wisatawan datang kesana menempuh perjalanan 4 jam dari Padang. Sampai disana foto-foto lalu pulang. Jadi, tidak ada efek bagi masyarakat sekitar. Bayangkan kalau ada tempat makan dan souvenir, pasti akan lebih menguntungkan secara ekonomi," urainya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: