419 Atlet Wushu Berlaga di Kejuaraan IWAG 2023

Senin, 11 Desember 2023, 18:00 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatra Utara
419 Atlet Wushu Berlaga di Kejuaraan IWAG 2023
Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin bersama Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Ngatino dan lainnya, memukul gendang tanda dimulainya Kejuraan IWAG 2023 di Medan, Ahad. (humas)

MEDAN (10/12/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menilai, Kejuaraan Indonesia Wushu All Game (IWAG) 2023, jadi ajang evaluasi atlet dan pelatih.

Momen ini, juga bisa dimanfaatkan atlet untuk mengetahui perkembangan kemampuannya sekaligus juga mengukur kemampuan calon lawan-lawan.

"Kejuaran ini juga bisa jadi ajang try out, sehingga atlet kita terbiasa dengan kompetisi-kompetisi besar," kata Hassanudin yang juga pernah menjadi pembina Wushu di Jakarta, saat membuka kejuaraan IWAG 2023 ini, Ahad.

Lewat kompetisi ini, Hassanudin ingin lebih banyak lagi lahir atlet-atlet Wushu berprestasi dari Sumut.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Ini merupakan event ketiga (season 3) IWAG setelah diselenggarakan perdana pada tahun 2020 di Jakarta.

Atlet-atlet Wushu dari berbagai daerah juga terlihat mengikuti IWAG 2023 yang diselenggarakan di GOR Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Medan.

"Atlet-atlet Wushu dari Sumut sudah tidak diragukan lagi prestasi-prestasinya, tetapi tentu kita ingin ini terus beregenerasi karena itu butuh pembinaan dari sejak kecil dan kompetisi-kompetisi seperti ini bisa menjadi filter," kata Hassanudin.

Sementara, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Ngatino mengatakan, pihaknya berkomitmen kuat membina atlet-atlet olahraga bela diri ini. Apalagi, Wushu telah banyak menorehkan prestasi berskala internasional.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Agustus 2023, Timnas Junior Wushu Indonesia menyabet 6 emas, 14 perak dan 10 perunggu pada Asia Junior Championship 2023 di Macau.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: