Supardi: Generasi Muda Minang Cenderung tak lagi Hargai Adat dan Budaya

Rabu, 06 Desember 2023, 08:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Supardi: Generasi Muda Minang Cenderung tak lagi Hargai Adat dan Budaya
Ketua DPRD Sumbar, Supardi foto bersama dengan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh di Bukittinggi, Senin. (humas)

BUKITTINGGI (6/12/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menegaskan, tidak mudah untuk menanamkan nilai-nilai adat dan budaya.

Bahkan, untuk memantau dan mengawasi kencederungan perilaku generasi muda, juga tidak mudah seperti dulu. Terlebih, generasi muda menguasai teknologi informasi dibandingkan orang yang lebih tua.

"Ada kecenderungan, generasi muda tak lagi menghargai atau memahami nilai-nilai adat dan budaya yang berharga. Ini kecenderungan yang terjadi hampir di 18 kabupaten/kota," ungkap Supardi di Bukittinggi, Senin (4/12/2023).

Hal tersebut disampaikan Supardi saat jadi pembicara dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh.

Baca juga: Pertemuan Filantropi Angkatan II Payakumbuh, Supardi Bicara Pentingnya Terobosan dalam Pembangunan

Peserta Bimtek tersebut, perwakilan kerapatan adat nagari (KAN), ninik mamak, bundo kanduang, pemangku adat dan parik paga nagari se-Kota Payakumbuh.

Bimtek ini bertemakan "Implementasi Peradilan Adat, Mengaktifkan Kembali Hakim dan Polisi Adat" tersebut berlangsung selama tiga hari, 3-5 Desember 2023. Bimtek tersebut dilaksanakan dengan menggunakan dana pokok pikiran (Pokir) Supardi sebagai wakil rakyat.

Supardi mengajak para peserta acara tersebut untuk menggencarkan gerakan menanamkan nilai adat dan budaya di tengah masyarakat. Terutama pada generasi muda yang merupakan penerus bangsa dan daerah.

"Generasi mudalah yang nantinya akan meneruskan kita, menjaga adat dan budaya serta memajukan daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Supardi Ingatkan Sekretariat DPRD Sumbar Soal Pertanggungjawaban Administratif, Ini Alasannya

Menurut Supardi, bagaimanapun melesatnya perkembangan zaman, nilai adat dan budaya merupakan bekal yang sangat berguna dalam mengarungi kehidupan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: