Lapas Suliki Lahirkan Inovasi Program Kemandirian Budidaya Maggot BSF

Selasa, 05 Desember 2023, 19:32 WIB | Bisnis | Kab. Lima Puluh Kota
Lapas Suliki Lahirkan Inovasi Program Kemandirian Budidaya Maggot BSF
Salah seorang WPB Lapas Suliki, Pando tengah mencermati larva Maggot BSF yang dikembangkan jadi program inovasi kemandirian. (humas)

LIMAPULUH KOTA (5/12/2023) - Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan (WBP Lapas) Kelas III Suliki mulai budidayakan Maggot BSF (Black Soldier Fly).

Budidaya Maggot BSF ini merupakan tindak lanjut dari pengolahan limbah organik atau sampah rumah tangga dari sisa makanan dan sayuran dari Lembaga Pemasyarakatan Suliki.

"Dengan pembudidayaan Maggot BSF, sampah organik jadi terurai secara alami. Ini merupakan inovasi terbaru dari pola pembinaan kemandirian WBP Lapas Suliki," ungkap Kepala Lapas Kelas III Suliki, Kamesworo dalam pernyataan tertulis, Selasa.

Budidaya Maggot ini, terang dia, merupakan yang pertama selama kurang lebih 25 hari dari penetasan telur baby maggot. Kemudian jadi larva dewasa yang mampu mengurai sampah organik.

Baca juga: Pemilu 2024, TPS Khusus Lapas Suliki Ambil Tema Merah Putih

"Sampah yang telah terurai itu, bisa dipanen sebagai pakan ternak dan ikan, dengan kandungan banyak protein," ungkap Kamesworo.

Kames menambahkan, setiap harinya selalu ada sampah organik yang dihasilkan. Namun, saat ini sudah ada budidaya maggot yang bisa jadi solusi untuk pengurangan sampah.

"Panen perdana kita setelah 25 hari, ada kurang lebih dari 10 kg maggot yang siap dijual. Sebagian kita manfaatkan untuk pakan ikan, di kolam area Lapas Suliki," ungkapnya.

"Produk maggot BSF di Lapas Suliki terbagi jadi dua varian yakni maggot kering dan basah," tambahnya.

Baca juga: 20 WBP Lapas Suliki Ikuti Pelatihan Pembuatan Jas Hujan

Sementara, salah seorang WPB, Pando menjelaskan, proses pembudidayaan maggot harus ekstra teliti dan menjaga telur sampai menjadi larva dan maggot dewasa.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH