Untung Rp50 Jutaan Sekali Panen! Simak Rincian Modal Usaha Ternak Kepiting Ini

Jumat, 01 Desember 2023, 13:20 WIB | Bisnis | Nasional
Untung Rp50 Jutaan Sekali Panen! Simak Rincian Modal Usaha Ternak Kepiting Ini
Ilustrasi rincian modal usaha ternak kepiting untung puluhan juta. (Foto: Canva/Pinterest)

Nah bila kamu tinggal di daerah pantai usaha ini akan sangat cocok untuk di eksekusi. Paling penting pastikan kadar airnya seimbang.

Kemudian, pemilihan jenis kepiting yang akan diternak juga menjadi langkah penting. Beberapa jenis kepiting yang umumnya di ternak adalah, kepiting bakau (Scylla serrata) atau kepiting rajungan (Portunus pelagicus).

Pilih jenis kepiting yang sesuai dengan kondisi lahan dan memiliki potensi pasar yang baik. Selain itu memahami kebutuhan kepiting dalam hal suhu, salinitas, dan ketersediaan makanan adalah kunci kesuksesan.

Baca juga: Peluang Usaha Street Food Cuan Rp22 Juta! Simak Rincian Modalnya

Menerapkan sistem kandang yang efisien, seperti kandang tanah atau bak beton dengan akses air laut, dapat memastikan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan kepiting. (DANA Kaget)

Pengelolaan suhu dan salinitas air menjadi faktor kritis dalam mencapai hasil panen yang maksimal. Sementara untuk gambaran rincian usahanya kamu bisa lihat berikut ini.

  • Lahan halaman sendiri (gratis)
  • Bibit kepiting 5kg Rp1 juta
  • Wadah ternak Rp4 juta
  • Alat perawatan Rp2 juta
  • Pakan vitamin, obat Rp2,5 juta
  • Biaya listrik dan air Rp400 ribu
  • Biaya operasional lainnya Rp100 ribu

Bila ditotalkan modal awal yang kamu butuhkan adalah Rp10 juta. Tentunya dengan catatan menggunakan lahan milik sendiri. Serta menjalankannya sendiri, tanpa ada karyawan.

Dari bibit yang dirawat, anggaplah sehari bisa laku cuma 11kg saja, dengan harga sekarang di angka Rp170 per kilo. Maka kamu bisa dapat cuan sekitar Rp1.870.000, jika dikalikan 30 hari penghasilanmu bisa capai angka Rp56.100.000.

Jika nanti sudah berkembang kamu bisa menggunakan karyawan, alhasil usahamu bisa menjadi lapang pekerjaan bagi orang lain. Luar biasa sekali bukan! Selain dapat penghasilan, juga bisa jadi ladang pahala.

Semoga melalui artikel ini kamu bisa lebih termotivasi dalam mengembangkan dan membangun bisnis kepitingmu. Pastinya hal yang harus kamu ingat, setiap daerah punya standar harga masing-masing.

Jadi pastikan kamu melakukan survey terlebih dahulu, sebelum terjun ke usaha bidang ini. Semoga beruntung! (*)

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: