5 Freelancer yang Hanya Bisa Dilakukan Petani, Baik di Kota Maupun Desa

Jumat, 24 November 2023, 09:04 WIB | Bisnis | Nasional
5 Freelancer yang Hanya Bisa Dilakukan Petani, Baik di Kota Maupun Desa
Ilustrasi Jenis Freelancer yang Bisa Dilakukan Petani (foto: Canva)

Selanjutnya, kamu dapat coba menjual Microgreens yaitu salah satu jenis tanaman ideal dan cocok dikembangbiakkan pada pertanian kecil seperti ruang bawah tanah serta garasi hingga kontainer pengiriman dengan potensi penghasilan 6 digit setiap tahunnya.

Microgreens merupakan salah satu sayuran yang memiliki masa panen pendek, sehingga mudah dikembangbiakkan. Contohnya Caisim, kangkung, bayam, kemangi dan lainnya. Banyak manfaat dari membudidayakan sayuran ini di antaranya:

  • Mencegah diabetes
  • Menurunkan resiko penyakit jantung dan alzheimer
  • Kandungan vitaminnya lebih banyak dari sayuran lain
  • Penanaman mudah dilakukan dengan bahan sederhana

Bahkan, kamu bisa langsung tanam di depan rumah saja dengan wadah botol plastik bekas. Intinya pasti ada pasar penjualannya, selama kamu pintar-pintar dalam melakukan promosi. Apalagi manfaatnya sangat banyak.

4. Menjual Bibit Tanaman Unggul

Tidak jauh berbeda dari menjual Microgreens, kamu juga bisa jual bibit tanaman unggul dengan jenis usaha menguntungkan. Apalagi, permintaah terhadap benih ini disebut meningkat menurut postingan artikel idxchannel.

Sekedar informasi bahwa penjualan Microgreens, merupakan bagian dari bibit tanaman unggul. Jika Microgreens berfokus pada bibit dengan masa panen singkat, maka bibit tanaman unggul adalah semua jenis bibit yang berpotensi dan layak dipanen, mau cepat atau pun lama.

Bibit Tanaman Unggul adalah tanaman yang rentan terhadap segala jenis hama atau pun serangan, penyakit dan sejenisnya. Pembibitannya cepat berbuah dan cepat hasilnya, bahkan akarnya juga kuat. Jadi banyak keuntungan dengan memilikinya.

Untuk mulai menjadi pengusaha sebagai penjual Bibit Tanaman Unggul, kamu harus melakukan teknik seperti penjualan Microgreens yaitu dengan mengembangkan potensi brand dan raih lebih banyak konsumen.

5. Menyewakan Peralatan Pertanian

Terakhir, kamu bisa sewakan beberapa peralatan pertanian seperti traktor dan lainnya dengan biaya tertentu. Biasanya berguna bagi para petani yang memang baru merintis karir, pada bidang tersebut.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: