Pansus D DPRD Rokan Hilir Pelajari Materi P4GN di Perda yang Dihasilkan DPRD Sumbar

Minggu, 05 November 2023, 06:09 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pansus D DPRD Rokan Hilir Pelajari Materi P4GN di Perda yang Dihasilkan DPRD Sumbar
Kabag Persidangan dan Peraturan Perundang-Undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir saat menyambut panitia khusus (Pansus) D DPRD Rokan Hilir, Jumat. Kedatangan Pansus D DPRD Rokan Hilir ini, mempelajari tata cara pembuatan Perda tentang P4GN. (humas)

PADANG (3/11/2023) -- Kepala Bagian (Kabag) Persidangan, Peraturan Perundang-Undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir mengungkapkan, Sumbar telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

"Perda No 9 Tahun 2018 ini, disosialisasikan secara aktif oleh anggota DPRD Sumbar pada masyarakat," ungkap Zardi saat menyambut panitia khusus (Pansus) D DPRD Rokan Hilir, Jumat.

Pansus D DPRD Rokan Hilir ini ke DPRD Sumbar, dalam rangka mempelajari tata cara pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Dikatakan Zardi, Pemprov Sumbar melalui OPD terkait, juga terus diingatkan untuk melaksanakan pengawasan dengan berkelanjutan, agar Perda tersebut benar-benar dilaksanakan dengan optimal.

Baca juga: Libatkan BNN, Warga Binaan Lapas Suliki Jalani Test Urine

"Anggota DPRD Sumbar telah melakukan gerakan dengan cara menyosialisasikan Perda, dengan merangkul semua pihak, agar peraturan bisa dilaksanakan dan dipahami masyarakat, termasuk dalam hal pencegahan narkotika dan Napza," katanya.

Dikatakan Zardi, peredaran narkotika semakin memprihatinkan. Untuk itu, pengawasan pada pintu-pintu masuk daerah (perbatasan-red) harus lebih maksimal.

Diketahui, Kabupaten Rokan Hilir yang terletak di Provinsi Riau, merupakan daerah yang sangat dekat dari negara tetangga Malaysia.

Pengawasan untuk mengantisipasi masuknya narkotika melalui jaringan international di jalur perbatasan, harus optimal dilakukan.

Baca juga: BNN Sosialisasikan P4GN pada Praktisi Media Pasaman Barat

"Masuknya narkotika dari negara tetangga sangat mungkin terjadi, apalagi tidak diiringi dengan pengawasan yang ketat. Untuk itu aparat kepolisian bersama instansi lainya harus tegas dalam penindakan," katanya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: