Angka Kemiskinan jadi Sorotan di Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda APBD Sumbar 2024

Rabu, 01 November 2023, 21:02 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Angka Kemiskinan jadi Sorotan di Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda APBD Sumbar 2024
Juru bicara Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat menyerahkan pandangan umum fraksinya terhadap Ranperda APBD Sumbar 2024, dalam rapat paripurna, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (31/10/2023) - Tujuh fraksi di DPRD Sumbar, sampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD 2024, dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Irsyad Syafar, Selasa.

"Pandangan umum fraksi merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan APBD. Catatan dan masukan yang disampaikan, akan jadi bahan yang seharusnya dipertimbangkan pemerintah daerah dalam penyusunan Ranperda APBD 2024 yang akan dibahas bersama DPRD Sumbar," ungkap Irsyad.

Rapat paripurna ini, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib. Selain itu juga dihadiri oleh Sekda Sumbar, Hansastri yang mewakili gubernur dan wakil gubernur serta Forkopimda dan undangan lainnya.

Irsyad menegaskan, penyusunan Ranperda APBD 2024 ini harus selesai sebelum tanggal 30 November 2023. Ini sesuai dengan peraturan pemerintah terkait tentang penyusunan APBD tiap tahunnya.

Baca juga: Komisi II DPRD Sumbar Bahas Pelaksanaan Agenda Triwulan III dan IV Bersama Mitra Kerja

"Kita berharap, dalam pembahasan APBD 2024 nanti, bisa dilakukan secara efektif dan efisien namun tetap dilakukan dengan optimal untuk memastikan kebutuhan anggaran dan program terpenuhi untuk selama tahun 2024 selain juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat," harap Irsyad.

Irsyad menambahkan ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan dalam penyusunan APBD 2024 salah satunya terkait pendapatan dan DAU. Selain juga program-program yang menjadi target dalam RPJMD.

Hal ini dikarenakan tahun 2024 merupakan tahun ketiga kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur Mahyeldi dan Audi Joinaldy.

Secara garis besar ada beberapa poin yang sama disampaikan antara beberapa faksi di antaranya adalah perlunya pengoptimalan upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Baca juga: DPRD dan Kapolda Sumbar Siap Berkolaborasi Tumbuhkan Kesadaran Menciptakan Keamanan di Masyarakat

Hal ini dikarenakan APBD provinsi Sumatera Barat masih sangat bergantung pada pajak daerah terutama pajak kendaraan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024